PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Studi Eksperimen pada Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lambandia
DOI:
https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.72Kata Kunci:
Hasil Belajar Ekonomi, Problem Based Learning (PBL),, Model Pembelajaran InkuiriAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data didapat dalam penelitian dari penyebaran angket kepada siswa dan melakukan observasi pada RPP Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dan Model Pembelajaran Inkuiri Teknik analisis data dalam penelitian ini eksperimen untuk mengetahui hasil data akhir. Hasil Penelitian ini menunjukaan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri. Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedikit lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri seperti ditunjukan oleh nilai rata-rata hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Referensi
Atalas 2013. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:PusakaSetia
Astika.2018.EvaluasiPembelajaran.Jakarta:DirektoratJenderalPendidikanIslamDepartemenAgama islam.
Andik, 2012. Manajemen Penelitian. Jakarta: RenekaCipta.
Departemen Pendidikan Republik Indonesia. 2004
Fifih, 2011 .PengaruhModelPembelajaranInkuiri Terbimbing Terhadap SSSKemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Si SMPNegeri 2 Tanjung Lago. Jurnal Biolmi. 2(2): 93.
Fifih, 2015 .Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara.
Hamalik 2005. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasruddin 2009. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. (Bogor Ghalia Indonesia.
Iskandar 2014. Pengaruh ModelPembelajaranInkuiri Terbimbing TerhadapHasil BelajarSiswa. Diterbitkan.BandarLampung:FakultasKeguruan danIlmu Pendidikan UniversitasLampung.
Kurniawati 2014 Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khoirul, 2015 .Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Suka-Pers, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sri Wahyuni, Jafar Ahiri, Edy Karno, Jumatin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.