Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN JURNAL ONLINE PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Judul Dalam Bahasa Indonesia, Ditulis Dengan Huruf Times New Roman-12 Bold, Maksimal 14 Kata, Rata tengah

 

Abstrak

Abstrak berbahasa Indonesia ditulis menggunakan Times New Roman-10. Jarak antarbaris 1 spasi. Abstrak berisi 150-250 kata dan hanya terdiri dari 1 paragraf, yang minimal terdapat tujuan, metode, serta hasil kegiatan. Jika Artikel disajikan dalam bahasa inggris maka abstrak berbahasa Indonesia tidak diperlukan.

Kata kunci: 3 -5 kata frase yang representatif bagi artikel yang disusun.

 

Abstract

Abstrak juga ditulis berbahasa inggris ditulis menggunakan Times New Roman-10 Italic. Isi sesuai versi
indonesianya.

Keywords: sesuai versi indonesiannya

 

PENDAHULUAN

Berisi latar belakang, rasional, dan atau urgensi penelitian. Referensi (pustaka atau
penelitian relevan), perlu dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi
urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang
dipilih. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan
sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada. Sebagai contoh
adalah: ........ hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa tidak mampu
mengenali permasalahan otentik..... (Karno, 2016). Pendahuluan ditulis dengan Times New
Roman 12 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam sekitar 1
cm dari tepi kiri tiap kolom.

Permasalahan dan tujuan, serta kegunaan penelitian ditulis secara naratif dalam
paragraf-paragraf, tidak perlu diberi subjudul khusus. Demikian pula definisi operasional,
apabila dirasa perlu, juga ditulis naratif.

Pendahuluan juga memuat State of The Art (kajian review literatur atau penelitian2
sebelumnya) dengan tujuan untuk menjustifikasi/menguatkan pernyataan novelty atau
kontribusi ilmiah dan orisinalitas dari artikel.

Rujukan artikel dalam jurnal ini yaitu maksimal 10 tahun terakhir yang berasal dari
sumber primer untuk memperkuat justifikasi orisinalitas atau kontribusi dari judul penelitian
ini. Sebelum menuliskan tujuan kajian, harus ada Gap Analysis atau pernyataan kesenjangan
(orisinalitas) atau pernyataan kontribusi kebaruan (novelty statement) secara jelas dan
eksplisit, atau apa perbedaan/unik penelitian ini dibanding penelitian-penelitian sebelumnya,
juga dari sisi penting tidaknya penelitian ini dilakukan setelah itu baru dituliskan tujuan
penelitian dalam artikel ini secara lugas dan jelas.

METODE PENELITIAN

Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian,
prosedur, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara
penelitiannya. target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, data dan instrumen, dan teknik
pengumpulan data, serta teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara
penelitiannya dapat ditulis tanpa sub-subbab. Isian tulisan paragraf pada metode disesuaikan
dengan jenis penelitiannya.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Analisis dan
interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas. Data yang disajikan bukan data mentah
tetapi data yang telah dianalisis. Penyajian hasil penelitian pada tabel dan gambar perlu
diberikan penjelasan/ulasan tetapi tidak membahasnya secara detail.

Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/perolehan penelitian.
Bila lebar Tabel tidak cukup ditulis dalam setengah halaman, maka dapat ditulis satu halaman
penuh. Judul Tabel ditulis dari kiri rata tengah, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata
sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal.

Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar/skema/grafik/diagram
pemaparannya juga mengikuti aturan yang ada; judul atau nama gambar ditaruh di bawah
gambar, dari kiri, dan diberi jarak 1 spasi dari gambar.Bila lebih dari 1 baris, antarbaris diberi
spasi tunggal, atau at least 12.

Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan
permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoretis yang lebih luas. Dapat juga
pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data.

Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas. Pembahasan diusahakan tidak
terpisah dengan data yang dibahas. Pembahasan yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata
dan jelas; dan unsur (what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil
penelitian orang lain perlu dijelaskan pula.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat
pula berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya. Kesimpulan dituliskan dalam bentuk
paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering.

Saran dapat berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif
dari temuan penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Ditulis dalam spasi tunggal, antar daftar pustaka diberi jarak 1 spasi. Penulisan daftar
pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA) Style Versi 6.
Gunakan referensi manager (Mandeley atau aplikasi lainnya) untuk membuat daftar
pustaka. Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka literatur ilmiah (80% referensi
primer seperti: jurnal, laporan penelitian, dan makalah prosiding dan 20% referensi sekunder
seperti: buku, skripsi, tesis, disertasi, dan sumber internet. Banyaknya rujukan dalam daftar
pustaka minimal 12 referensi.

Contoh Rujukan Jurnal

Karno. E. (2017). Peran Guru Dalam Pembinaan Disiplin Belajar Siswa SMA Negeri 1 Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi 5(3), 39-45. https://doi.org/10.36709/jopspe

Contoh Rujukan Buku

Djamarah, Syaiful Bahri dan Asswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Contoh Rujukan Media Online

Sanjaya. 2007. Model Pembelajaran Problem Based Instruction. http://www.m-edukasi.web.id.2012/07/model-pembelajaran-problem-based.html. (diakses 26 oktober 2019)