KONTRIBUSI MEDIA LOKAL DALAM MENDORONG PROGRAM PENDIDIKAN UTAMA DI SULAWESI TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.385Kata Kunci:
Media Lokal, Program Pendidikan Utama, Pendidikan, Kontribusi MediaAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kontribusi media lokal dalam menyebarkan informasi mengenai program prioritas pendidikan di Sulawesi Tenggara, menganalisis dampak pemberitaan media lokal terhadap peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pendidikan, mengevaluasi kontribusi media lokal dalam mendorong partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam program pendidikan, menelaah kolaborasi antara media lokal dan pemerintah daerah dalam implementasi kebijakan pendidikan, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi media lokal dalam mendukung program prioritas pendidikan di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui beberapa teknik, antara lain wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan melalui beberapa langkah adalah reduksi data dan penyajian data. Penelitian ini menunjukkan bahwa media lokal di Sulawesi Tenggara memiliki peran yang sangat signifikan dalam mendukung program pendidikan melalui penyebaran informasi, peningkatan kesadaran, dan partisipasi masyarakat. Media lokal berfungsi tidak hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai agen edukatif dan penghubung antara pemerintah dan masyarakat. Kolaborasi yang baik antara media dan pemerintah daerah serta upaya untuk mengatasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya finansial dan teknis, sangat penting untuk keberhasilan program pendidikan di daerah ini. Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran media lokal dalam mendukung kebijakan pendidikan dan memastikan bahwa informasi yang akurat dan relevan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.
Referensi
Adisaputra, A. K. (2023). Kolaborasi penta helix kampus unggul. Journal of Educational Management Research and Scientific Study (JERAMI), 1(1), 11. https://ojs.idipri.or.id/index.php/JEMARI/article/view/6%0Ahttps://ojs.idipri.or.id/index.php/JEMARI/article/download/6/2
Aulia Junis, M., Nurul Fadillah, H., & Fauzi Rachman, I. (2024). Transformasi Sosial di Era Digital: Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Kesadaran terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 31–39. https://doi.org/10.62017/jimea
Gibran, F., Zein, S., Kulsum, U., & Wijayani, Q. N. (2024). Fungsi Dan Peran Media Masa Dalam Film Habibie Ainun (ANALISIS SEMIOTIKA Roland Barthes). JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(1), 118–122. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1468
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Jawhari, A. J., Fauzi, M. A., & Rosyid, A. (2024). Pers sebagai media komunikasi humas pendidikan. CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 3(2), 45–50.
Kustiawan, W., Dinar, Y. P., Salsabila, K., Apsyara, T., Al-Qadri, M. S., & Ritonga, N. H. (2024). Strategi Penyiaran Radio Komersial di Era Digitalisasi. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 104–111. https://ummaspul.e-journal.id/Jutkel/article/download/5022/2144
Melati, Nurdin, M., & Putri, V. A. (2024). Demokratisasi dan Media Massa di Indonesia. Research ReviewJurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 133–140.
Nugraeni, A. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Identitas Sosial Anak Muda. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 142–147. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247
Prayogo, M. D., & Agustin, E. N. (2023). Transfromasi Strategi Media Televisi Lokal JTV Surabaya Di Era Digitalisasi dan Konvergensi Media. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi, 03(04), 1–23.
Siswanto, A. H., Haniza, N., & Rosyad, A. (2023). Media Massa Online dan Kesadaran Sosial Pembaca Milenial. DE FACTO : Journal Of International Multidisciplinary Science, Vol 01, 85–95.
Sulistiani, S. L., Mulyadi, D., & Gumilar, A. S. (2021). Literasi Wakaf Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Berwakaf Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1551–1560. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3031
Thoriq, R. A., Sari, V. R., & Rachman, I. F. (2024). Menuju Masa Depan Yang Berkelanjutan: Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran SDGs 2030. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 162–175.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhamad Djufri Rahim, La Ode Muhammad Yamin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.