PENGEMBANGAN MEDIA POSTER DAN INFOGRAFIS MENGGUNAKAN POWERPOINT UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 KENDARI

Penulis

  • Jumatin Universitas Halu Oleo
  • Apri Winge Adindo Universitas Slamet Riyadi
  • La Ode Muhammad Yamin UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.326

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Poster Infografis, Powerpoint

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media poster dan infografis menggunakan powerpoint untuk pembelajaran ekonomi. Metode penelitiannya adalah Riset and development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah pembuatan. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu poster dan infografis menggunakan powerpoint. Berdasarkan hasil pengembangan media yang dilakukan, media poster dan infografis menggunakan powerpoint sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi berdasarkan; (a) Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase kelayakan 84% dengan kriteria sangat layak, (b) Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase kelayakan 97,09% dengan kriteria sangat layak, (c) Hasil uji coba user (guru dan siswa) mendapatkan persentase kelayakan 96% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media serta hasil uji coba user dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster dan infografis menggunakan powerpoint layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi.

Referensi

Alimuddin. 2015. Intensitas penggunaan e-Learning dalam menunjang pembelajaran mahasiswa program sarjana (S1) di Universitas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4.

Arsyad,Azhar. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kartika, A. R. 2018. Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Kurikulum 2013.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.Thoifuri. 2007. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group.

Sadiman S Arif, Haryono Anung, Rahardjito. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Adityo et al. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia.Vol. 7, No. 1.

Yuliana. 2020. Corona virus diseases (Covid-19) Sebuah tinjauan literature. Wellness and Healthy Magazine. Vol 2, No 1.

Diterbitkan

2024-02-28

Terbitan

Bagian

Articles