IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI

Penulis

  • Rahmad Fahril Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Jafar Ahiri UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Jumatin UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.302

Kata Kunci:

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Abstrak

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 9 Kendari. Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Negeri 9 Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah guru ekonomi dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kesimpulan menunjukkan pada tahap perencanaan pembelajaran, guru menganalisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran sebagai pengembangan alur tujuan pembelajaran, melakukan penyusunan modul ajar dengan mengembangkan alur tujuan pembelajaran yang di dalamnya terantum tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran yang relevan, materi pembelajaran dan jenis evaluasi yang digunakan. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka, pelaksanaan dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dan pada tahap evaluasi dilakukan dengan menggunakan tiga asesmen yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif.

Referensi

Asri, M. (2017). Dinamika kurikulum di Indonesia. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.

Baderiah, B. (2018). Pengembangan Kurikulum.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155.

Hanifah, Harsono. (2012). Implementasi Kebijakan dan Politik. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75.

Idris, M. (2008). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Arus Media.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kemendikbud. (2022). Keputusan Peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka).

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013: konsep & penerapan. Kata Pena.

Maladerita, dkk. (2021). Peran Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6): 4771–76. doi: 10.31004/ edukatif. v3i6.1507

Marno dan M. Idris. (2009). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Miles, M. B., Huberman, A. M., Dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI-Press.

Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1).

Suaidy, M. S. (2017). Model Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri-2 Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat.

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru Dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru Dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177.

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Articles