DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMPN 10 KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.277Kata Kunci:
Media Sosial, Dapak Positif, Kebiasaan Belajar SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak positif dan negatif media sosial terhadap kebiasaan belajar siswa SMPN 10 Kendari. Penelitian ini di laksanakan di SMPN 10 Kendari, Sekolah ini berlokasi di Jalan Prof. Dr. Abdurrauf Tarimana, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Etnometodologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi empat langkah, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak positif penggunaan media sosial, yaitu mencari bahan pembelajaran, menyelesaikan tugas, media informasi, media komunikasi, dan menambah kreatifitas siswa. Adapun dampak negatifnya, yaitu: melalaikan waktu belajar, menganggu konsentrasi belajar, menganggu kesehatan, pemicu masalah, postingan tidak pantas, sumber informasi palsu. Berdasarkan hasil penelitian dampak media sosial cenderung lebih banyak memberikan dampak negatif terhadaap kebiasaan belajar siswa.
Referensi
Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. Jurnal Sosial Dan Humaniora. 2(1), 8-14.
Ahira, Anne. (2011). Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Diambil dari http://www.anneahira.com. Diunduh pada tanggal 6 Januari 2023.
Amir. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP UNISMUH Makassar.
Anik Suryaningsih. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana Didaktika. Vol. 17 No.3: 335-344.
Arianto, B. (2021). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19. 3(2), 118-132.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Fathimah A.N., Lisa G.P. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 1 No. 3. 188-193
Fitri, S. (2017). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak.
Khairuni, N. (2016). Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). Jurnal Pendidikan: Jurnal Bimbingan Konseling , 2 (1), 91-106.
Kurniawati, Y. R. (2020). PertanggungJawaban Pidana Atas Penyebaran Berita Bohong (Hoax) di Media Sosial.Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum. 26(4). 422-437.
Lubis, L. H. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Ibtidayah. Tarbiyah Bil Qalam. Jurnal Pendidikan Agama dan Sains. 4(1).
Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) Dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif. 16(1). 62-67.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Permata, S. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 13 Kerinci. Journal Wahana Konseling.
Rahman, Jain. (2017). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Journal. https://kalsel.kemenag.go.id/files/file/artikelprakom/15162891659956.pdf
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmawati, Jafar Ahiri, Murniati, Jumatin
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.