STRATEGI PROMOSI BUTIK YOUTFIT MELALUI INSTAGRAM DI KOTA KENDARI

Penulis

  • Sitti Riskiani Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UHO
  • La Taena UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.272

Kata Kunci:

Strategi Promosi, Sosial Media Instagram

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, bagaimana strategi promosi butik youtfit Kendari dengan perantara menggunakan media sosial Instagram. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi promosi yang di terapkan oleh youtfit menggunakan media instagram dengan memanfaatkan fitur fitur instagram, seperi instastory yang tiap harinya di posting, reals instagram, instagram ads dan mengunggah konten-konten video yang menarik, youtfit juga menggunakan jasa influenser atau selebgram  yang memiliki followers instagram ratusan bahkan jutaan followers dalam sebulan 2 kali untuk memperkenalkan produk produknya lebih luas lagi, youtfit mengadakan promo seperti giveaway atau memberikan hadiah kepada konsumen butiknya setiap bulannya, youtfit juga memberikan keringanan kepada konsumen apabila produk yang di beli tidak sesuai atau tidak cocok untuk pelanggan bisa kembali di tukar ke butik dan di berikan waktu 2 hari untuk menukar produk, dan kegiatan promosi yang di lakukan youtfit menggunakan instagram sangat efektif, terlihat dari jumlah followers yang bertambah, semakin banyak yang berbelanja secara online serta  banyak pengunjung yang langsung datang ke lokasi Youtfit Kendari.

Referensi

Akrimi, Y., & Khemakem, R. (2012). What Drive Customers to Spread the Word in Social Media. Journal of Marketing Research and Case Studies.

Alfred, D. Chandler, Jr. (1962). Strategy and Structure: Chapters in The History of The industrial Enterprise. Cambridge Mass: MIT Press.

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hariyanti, N dan Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal eksekutif Volume 15; 113-146.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management. Prentice Hall Intl. Inc New Jersey

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management. United States of America: Pearson

Kurniawan, A. (2017). Sistem Informasi Manajemen (Teori dan Implementasi dalam Bisnis). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Porter, Michael E. (1980). Competitive Strategy. Techniques for Analyzing Industries and Competitors. The MacMillan Press Ltd.

Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk" Rendang Uninam. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM],

Siregar Lulando, H, Y, Sunarti & Mawardi, M, K. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi Pada Perusahaan PT Kaltim Prima Coal). Jab.Vol. 42 No.1

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academiec Publishing Service).

Tambunan, T. (2003). Perekonomian Indonesia. Beberapa Masalah Penting. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Umar Sidiq, dan Moh. Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Williams, D, L., Crittenden, V, L., Keo, T., & McCarty, P. (2012). The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136.

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Articles