PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI INFLASI
DOI:
https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.268Kata Kunci:
Hasil Belajar Kognitif, Problem Based Learning (PBL), InflasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada Materi Inflasi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pasarwajo. Jenis penelitian, yaitu penelitian eksperimen semu menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pasarwajo tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas model PBL dan kelas XI IPS2 sebagai kelas model Pembelajaran Langsung. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas model PBL lebih tinggi, yakni 82,8 dibandingkan dengan kelas model Pembelajaran Langsung, yakni 51,7. Hasil uji hipotesis hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa thit ˃ ttabel, yakni 8,911>2,002, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada Materi Inflasi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pasarwajo.
Referensi
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistika Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV.Widya Puspita. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3586
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Astriani, H., Ramdiah, S., & Mayasari, R. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vii SMP Negeri 35 Banjarmasin Pada Materi Ketergantungan dalam Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(2), 83–92. https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/JPH/article/download/1576/783
Djamarah, S. B., & Zein, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Haerun, N. A., Jamili, J., & Jahidin, J. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMAN 1 Tongkuno. Jurnal Biofiskim: Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(2), 27–37. http://dx.doi.org/10.33772/biofiskim.v4i2.26932
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/viewFile/9780/4060
Ilmi, M., & Lagiono. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(2), 39–51. https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/JPH/article/download/645/320
Khotimah, A. H., Kuswandi, D., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165. http://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/viewFile/4979/2336
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/download/515/443
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176
Pertiwi, D. E., Muliadi, A., & Samsuri, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas X MIA SMAS NW Mataram Tahun Pelajaran. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 7(2), 215–224. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/viewFile/3386/2341
Sanjaya, W. (2007). Metode Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/
Winata, K. A., & Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32.
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862–872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wa Ode Lestika, Muliha Halim, Murniati, Jumatin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.