PERAN MAHASISWA DALAM MENINGKATAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL PADA PROGRAM MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA

Penulis

  • Haswin Pendidikan ekonomi
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.263

Kata Kunci:

MBKM, Hardskill dan Softskill, Peranan Mahasiswa

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peranan mahasiswa dalam lingkup pertukaran Pelajar mahasiswa Merdeka Universitas Djuanda Bogor pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam upaya peningkatan hardskill & softskill . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran survey dengan instrument menggunakan google form yang disebar dengan sampel penelitian berjumlah 8 informan dengan menggunakan purposive sampling. Pada penelitian yang dilakukan ini termaksud dalam studi fenomenologi yang bertujuan untuk menyelidiki fenomena terkait pertukaran pelajar melalui program MBKM pada universitas Djuanda Bogor dengan objek penelitian yang dikaji adalah bagaimana peranan mahasiswa dalam Program MBKM terhadap upaya peningkatkan hardskill dan softkill mereka.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan mahasiswa yang terlibat dalam program MBKM adalah dengan menjadi proaktif, disiplin, dan komitmen dalam upaya memperkuat hardskill mereka dalam Desain, menulis dan programmer. Sedangkan, peranan mahasiswa dalam peningkatan softskill dalam program pertukaran tersebut adalah dengan menjadi lebih kritis serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Referensi

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Delita, Ffitra. "Elfayetti, dan Tumiar Sidauruk." Peningkatan Soft Skills dan Hard Skills Mahasiswa melalui Project-Based Learning pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi 8.2 (2016).

Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd. (2020). Pentingnya Mengembangkan Hard Skiil Dan Soft Skill Bagi Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Uhamka.

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649-655.

Giri, I. Made Ariasa, and Ketut Agus Nova. "Urgensi Hard skills dan Soft Skills terhadap Competitive Advantage Mahasiswa." Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 2021..

Krisnanik, Erly, Qinthara Saphira, and Intan Hesti Indriana. "Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan." Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer) 5 (2021): 138-142.

kusumaningrum, Nurul Lisa, et al. "Fungsi, Kategori, dan Peran Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Kalimat Efektif Teks Cerita Anak yang Berjudul “Berbeda Itu Tak Apa” pada BukuAjar Bahasa Indonesia Kelas Satu Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka." Student Research Journal 1.2 (2023): 372-383

M. Untung Manara. (2014). Hard Skill Dan Soft Skill Pada Bagian Sumber Daya Manusia Di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa Volume 9 No.1.

Meke, Konstantinus Denny Pareira, Richardo Barry Astro, and Maimunah H. Daud. "Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.1 (2022): 675-685.

Moleong, Op.Cit,.him178 : Uji Analisis data dan Keabsahan Data pada penelitian kualitatif.

Nurrillah, SA Lilly. "Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa." Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research 1.01 (2017).

Pae, K., Wijaya, H., & Jati, I. R. A. (2022). Evaluasi Ketercapaian Tujuan dan Dampak Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Pendidikan, 23(1), 1-15

Prof. Ir.Nizam, Ph.D. (2021). Panduan Operasional Baku ( POB ) Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Jakarta.

Rahmawanti, Movi Riana, and Mohammad Muhyidin Nurzaelani. "Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor." Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan 7.1 (2022): 37-47.

Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. "Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0." Fitrah: Journal of Islamic Education 1.1 (2020): 141-157.

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Articles