ANALISIS SRATEGI PEMASARAN DALAM PERSAINGAN BISNIS KULINER

Studi Kasus pada Ayam Geprek Borobudur

Penulis

  • Nanang Ebrianingsi Uho
  • Rizal UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.255

Kata Kunci:

Kuliner Ayam Geprek, Strategi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Rumah Makan Ayam Geprek Borobudur Kelurahan Lakolara Kecamatan Kambu Kota Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Rumah Makan Ayam Geprek Borobudur dalam menghadapi persaingan. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang diambil adalah strategi pemasaran yang digunakan saat ini. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Rumah Makan Ayam Geprek Borobudur melalui bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Strategi produk dengan melakukan varian sambal, varian paket ayam geprek, serta menjaga kualitas mutu produk dari segi rasa, dan tekstur. Strategi harga memberikan diskon jika pembelian banyak. Strategi tempat penambahan fasilitas dan penyediaan tempat parkir yang luas. Strategi promosi melalui media sosial dan meia cetak. Dengan melakukan strategi pemasaran tersebut Rumah Makan Ayam Geprek Borobudur mengalami peningkatan pendapatan dan dijadikan sebagai acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antar usaha ayam geprek.

Referensi

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ardiyansyah, Riyans dan Nurjannatul Hasanah. (2018). Analisis Kebijakan, Strategi dan Analisis SWOT Pengelolaan Usaha Rumput Laut Nelayan Daerah Pesisir Pantai Amal Kota Tarakan. Jurnal Metris. Vol. 19, Hal: 131-138.

Gugup, Kismono. (2001). Bisnis Pengantar. Yogyakarta. BPFE

Handika, Made Resta dan Gede Sri Darma. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 15, No. 2, Hal: 192-203.

Fajar, Laksana. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Kotler, Keller. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kumalasari, N. R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Di Toko Ismart Dan Indomaret Ponorogo. Kajian Dan Riset Manajemen Profesional, 3(2), 65–78.

Nurbayan, N., Juliansyah, H. (2018). Pengaruh Pendapatan Perkapita, PDRB dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat Aceh Tamiang Tahun 2003-2016. Ekonomika Indonesia 7(2), 45-51.

Oktavia, Adelia Yovita Nur. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Kedai Seblak Minguns (Studi Kasus Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur). Other Thesis, Upn Veteran Jawa Timur

Rifqy Novandrian. M. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Ayam Densa). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen e-ISSN: 2461-0593

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sulaiman, & Lestari, R. D. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Ayam Bakso Podomoro. Jurnal Adminika, 6(Januari-Juni), 135–143

Syamsuri. (2010). Analisis Penerapan Strategis pada Rumah Makan Ayam Bakar Solo Cabang Malang. Jurnal Skripsi universitas islam Negeri Maulan Malik Ibrahim Malang

Diterbitkan

2024-02-28

Terbitan

Bagian

Articles