DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 PASIR PUTIH

Penulis

  • Elfi Rosanti Binti Safaruddin Mahasiswa
  • Hasniah UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muliha Halim UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.234

Kata Kunci:

Gadget, Dampak Perilaku Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penggunaan gadget siswa di SMP Negeri 1 Pasir Putih, untuk mengetahui dampak positif dan dampak negatif gadget terhadap perilaku belajar siswa di SMP Negeri 1 Pasir Putih. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pasir Putih maka dapat disimpulkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap perilaku belajar siswa dapat dilihat dari bentuk dari penggunaan gadget serta dampak positif dan dampak negatif. Bentuk penggunaan dari gadget untuk siswa adalah sebagai alat untuk komunikasi, sebagai alat untuk memperoleh informasi, dan sebagai media pembelajaran. Untuk dampak positif dari penggunaan gadget untuk siswa adalah siswa dapat meningkatkan pengetahuan, membantu perkembangan imajinasi, serta membantu memperoleh informasi pelajaran dengan mudah, sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget untuk siswa adalah lemahnya perkembangan otak, konsentrasi belajar menurun, dan terbuangnya waktu dengan percuma.

Referensi

Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Chusna, P. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan. 17 (2): 315-330.

Dahar., Ratna Wilis. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Gagne. 2013. Definisi Belajar. Yogyakarta: teras

Marpaung, J. 2018. Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. Jurnal Kopasta. 5 (2): 55-64.

Purwati W. (2016). Hubungan antara perilaku belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi dengan hasil belajar siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5 (06).

Rozalia, MF. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 5 (2): 722-731.

Sanjaya, R., Wibhowo, C. (2015). Menyiasati Tren Digital Pada Anak Menggunakan Teknologi Informatika. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saroinsong WP. (2016). Gadget Usage Inhibited Interpersonal Inteligence Of Children On Ages 6-8 Years Old. Jurnal Tekpen. 1 (4):1138.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warisyah, Y. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pentingnya “Pendamping Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan. 130-138.

Diterbitkan

2023-11-30

Terbitan

Bagian

Articles