RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION VIA ONLINE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 KENDARI

Penulis

  • Muzayyanah Eka Saputri Universitas Haluoleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Jumatin UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.233

Kata Kunci:

Respon Siswa, Small Group Discussion, Pelajaran Ekonomi SMA

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa pada dimensi kognitif, afektif dan konatif terhadap pembelajaran menggunakan metode Small Group Discussion Via Online pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan naratif dan diagram mengenai respon siswa terhadap metode pembejalaran Small Group Discussion Via Online. Penelitian ini menggunakan 25 sampel siswa kelas XI IPS.2 dan menemukan respon yang sangat baik dari ketiga aspek kognitif, afektif, dan konatif yaitu untuk 90%, 86.5%, 83% untuk aspek kognitif tiap kategori, 83.5%, 82.25%, 87% untuk aspek afektif tiap indikator, 82% untuk konatif dengan indikator bertanya dan menanggapi pertanyaan.

Referensi

Ahiri, J. (2011). Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Bandung: Humaniora.

Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan melalui model Problem Based Learning.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amir, M. T. (2010). Inovasi Pendidikan melalui model Problem Based Learning: Bagaimana Guru Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Armin, & Unaaha, A. (2011). Definisi Belajar Menurut Winkel, Walker dan Slameto.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baharudin, & Wahyuni, E. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Carl, A. M. (2016). Problem-Based Learning: a critical pedagogy for the twenty-first century. Los Angeles: School of Dentistry, Center for the Health Science, University of California.

Christiani, A. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Small Goup Discussion dengan Model Cooperative Learning Penerapan Metode Small Group Discussion Dengan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.

Dameria Simanjuntak, S. (2018). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Konteks Budaya Batak Toba. In Journal of Mathematics Education and Science): Vol. ISSN (Issue 1). Oktober.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, I. N. (2015). "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X AK/PM SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2015/2016". Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

D. Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jorgensen, e. (2017). Conceptual Bases of Problem Based Learning. Global Perspectives on College and University Teaching. London: Sage.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajarn (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sofyan Susanto-Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning. (n.d.).

Studi, P., Ilmu, T., Alam, P., Arini, W., Lovisia, E., Lubuklinggau, S.-P., Mayor, J., Kelurahan, T., Pingin, T., Lubuklinggau, K., & Pos, K. (2019). Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Respon Siswa Terhadap Alat Pirolisis Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan di SMP Musi Rawas (Vol. 02, Issue 02). http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea

Supriyanto Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMPalembang Jln Jend Ahmad Yani, D., & Palembang, U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Dan Dunia Hewan. FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang, 2(1).

Trianto. (2010). Metode Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pusaka.

Diterbitkan

2024-02-28

Terbitan

Bagian

Articles