PERAN GURU EKONOMI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 KENDARI

Penulis

  • Febriani Sahardji Universitas Halu Oleo
  • Jafar Ahiri UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.220

Kata Kunci:

Peran Guru Ekonomi, Disiplin Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini Untuk menganalisis disiplin belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kendari, dan Untuk menganalisis peran guru ekonomi dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 9 Kendari. Penelitian ini di lakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kendari. Penelitian ini akan dilaksanakan setelah diseminarkan dan disetujui oleh tim penguji. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru ekonomi dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada proses pembinaan disiplin belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kendari terdapat beberapa bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa seperti pelanggaran atribut sekolah, datang terlambat ke sekolah, pulang sebelum jam pulang (bolos), menyontek, tidak mengerjakan tugas, dan tidak memperhatikan penjelasan guru selama pembelajaran berlangsung. Bentuk-bentuk pelanggaran tersebut menjadi masalah dalam meningkatkan disiplin belajar siswa, kemudian Peran guru dalam pembinaan disiplin belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kendari diperlukan dalam mengatasi bentuk pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh siswa, yaitu dengan menunjukan sikap teladan kepada siswa; memberikan teguran atau peringatan; memberikan sanksi atau hukuman; serta memberikan arahan tentang pentingnya disiplin kepada siswa. Sehingga Peran Guru Ekonomi sangat mempengaruhi Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas X IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kendari.

Referensi

Agus, Wibowo dan Hamrin, (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Gunarsa. (2012). Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Libri.

Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Jakarta Selatan. Vol. 3 (3).

Johan, dan Susanti, R. (2014). Peran Motivasi dan Disiplin dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi IPS. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 1 (3)

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.

Mugiarso, H, dkk. (2004). Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Mursalin, dan Sulaiman. (2017). Peranan Guru Dalam Melaksanakan Menejemen Kelas di Gugus Bungong Seulangan Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Nasional. Banda Aceh. Vol. 2 (1)

Rivai, Veithzal (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiarto, A.P., dan suyati, T. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda. Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu; Semarang, Vol. 24 (2)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, Elly. (2016). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif.

Supriadi, M. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Pretasi Belajar Siswa di Pondok Pesantren Al- Haniifiyah Pedurenan Bekasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Wahyono, B. (2012). Pengertian Kedisiplinan Belajar. Artikel.

Diterbitkan

2024-02-28

Terbitan

Bagian

Articles