PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN SEKOLAH DI SMAN 3 KONAWE SELATAN

Penulis

  • Winda Universitas Halu Oleo
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murniati UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.192

Kata Kunci:

Peran Kepala Sekolah, Peningakatan Kualitas Pengelolaan Sekolah

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya apa yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah di SMAN 3 Konawe Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Konawe Selatan, yang beralamatkan di jalan Lamangga No. 79, Punggaluku, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Waktu penelitian di laksanakan pada bulan Juli samapai Agustus tahun 2022. Informan dalam  penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan dan siswa-siswi di SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah Mampu meningkatkan kualitas/ mutu sekolah yang tadinya masih kategori sekolah swasta sekarang sudah berubah menjadi sekolah kategori negeri; Mampu meningkatkan akreditasi sekolah yang awalnya sekolah masih berakreditasi “B” berkat upaya yang dilakukannya sekarang sekolah tersebut telah mendapatkan status akreditasi “A+” (sangat baik); Mampu meningkatan sarana dan prasarana disekolah tersebut yang awalnya menjabat sekolah tersebut masih memiliki banyak kekurangan akan tetapi dengan upaya yang beliau lakukan bekerja sama dengan dinas pendidikan serta menggandeng komite sekolah dan orang tua murid serta pemerintah setempat sehingga menghasilkan penambahan ruang kelas/rkb dan pembangunan ruang laboratorium termasuk laboratorium komputer; dan  Mampu meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan dengan upaya melakukan pelatihan melalui musyawarah bersama guru mata pelajaran dan melalui musyawarah kerja kepala sekolah dengan tujuan menghasilkan out put yang memuaskan sebagai pimpinan sekolah. Sehingga Kepala Sekolah SMAN 3 Konawe Selatan telah menghasilkan output-output yang dapat memberikan dampak positif bagi sekolah.

Referensi

Arikunto. (2002). Manajemen Penelitian Pendidikan. Universitas Ahmad Dahlan: Manajemen Pendidikan.

Emilia, K,. Yasi, A., Yenny, P. (2010). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134-137.

E. Mulyasa. (2011). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 April 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, dalam buku Manajemen dan Kependidikan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa. (2004). Menjadi Kepala Selolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Manulang. (2001). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

M. Ngalim Purwanto. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Piet A. Sahertian. (2000). Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riyuzen Praja Tuala. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Bandar Lampung: Lintang Rasi Aksara Books.

Sandi Aji Wahyu Utomo. (2010). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. (2016). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suhelayanti, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Wahjosumidjo. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sumiyati. (2018). Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri Depok. Universitas Islam Indonesia.

Diterbitkan

2023-11-30

Terbitan

Bagian

Articles