ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI MANDONGA KOTA KENDARI

Penulis

  • Richma Damayanti Universitas Halu Oleo
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.166

Kata Kunci:

Pendapatan, Pedagang Kaki Lima

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pendapatan pedagang kaki lima di Kecamatan Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari, dan Untuk mengetahui apakah pendapatan pedagang kaki lima dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sampel dalam penelitian ini adalah Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari. Dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digaunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan pedagang kaki lima di di Mandonga Kota Kendari memiliki perbedaan satu sama lain. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan pedagang antara lain modal yang dikeluarkan, jumlah penerimaan perhari serta jumlah pengeluaran rumah tangga. Jika dilihat dari nilai R/C Ratio maka jenis usaha tersebut tentu sangat menguntungkan dimana rata-rata nilai R/C Ratio menunjukkan angka diatas 1 yang berarti usaha tersebut menguntungkan, dan kebutuhan rumah tangga pedagang kaki lima di Mandonga Kota Kendari tercukupi.

Referensi

Assauri. (2008). Manajemen Pemasaran Dasar: Konsep dan Strategi. Jakarta: CV Rajawali

Achmaddini, S. (2019). Analisis Tingkat Pendapatan Dan Kesejahteraan Pedagang Kaki Lima Di Pasar Tradisional Kota Pekanbaru.

Akhmad. (2019). Analisis Pendapatan Pedagang Buah di Kota Makassar. Patria Artha Journal of Accounting & Financial Reporting, 155-166.

Andiny, Puti, dan K. A. (2017). Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima Sebelum dan Sesudah Program Relokasi di Kota Langsa (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima di Lapangan Merdeka). Jurnal Samudra Ekonomika, Vol. 1, No. 2

Anggono, Didik, H. (2011). Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Surakarta Sebelum dan Sesudah Ditata di Pasar Klithikan Notoharjo Semanggi.

Effendy. (2001). Marketing Manajemen. Malang: Institut Ekonomi dan Manajemen.

Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogjakarta: Andi Press.

Hafes Nugroho Hafes, D. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki lima Pasar Bawah Bukittinggi. Padang: UNP FE.

Handayani, S. (2009). Memahami Perilaku Sektor Informal Perkotaan Penataan Pedagang Kaki Lima Tanpa Kekerasan. Jurnal Analisis Sosial, Vol 14, No. 1

Himawan. (2020). Analisis Pendapatan Pedagang Pakaian Di Pasar Mekongga Kabupaten Kolaka. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Ilhamy, P. (2021). Analisis Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Jalan Taman Pinang Sidoarjo. Diss. Universitas Muhammadiyah Malang.

Syamsu A. (2005). Faktor-faktor yang menentukan produktivitas usaha sektor informal Di Sulawesi. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Utami. (2005). Pasar dan Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Waluyo. (2011). Kamus Terbaru Ekonomi dan Bisnis. Surabaya: Reality Publisher.

Diterbitkan

2023-11-30

Terbitan

Bagian

Articles