PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU EKONOMI DI SMA NEGERI 1 MAWASANGKA

Penulis

  • Zarlina Zaai UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO
  • La Taena UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i2.149

Kata Kunci:

Peranan Kepala Sekolah, Professional Guru

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan professional guru ekonomi Di SMA Negeri 1 Mawasangka. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 1Mawasangka. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SMA Negeri 1 Mawasangka, wakil kepala sekolah dan 1 orang guru ekonomi sebagai informan. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data, dan verifications atau sering dikenal dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peranan kepala sekolah SMA Negeri 1 Mawasangka sebagai pemimpin, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagai supervisor, sebagai pendidik, sebagai innovator sebagai motivator. Semua peranan ini kepala sekolah sudah menjalankan fungsi dan perannya dengan baik dalam meningkatkan profesionalisme guru ekonomi di SMA Negeri 1 Mawasangka, terlepas dari itu kepala sekolah akan berusaha lagi untuk meningkatkan perannya lebih baik lagidari sebelumnya upaya kepala sekolah meningkatkan professional guru seperti memberikan bimbingan kepada guru-guru dan siswa serta mengikutsertakan berbagai pelatihan kegiatan seminar, penataran, pendidikan dan pelatihan. serta memberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. 2) Profesional guru di SMA Negeri 1 Mawasangka belum cukup baik terutama tentang kedisplinan masih kurang baik masih ada guru yang terlambat masuk pada saat ada jam mengajarnya, mengajar masih sangat sederhana belum sepenuhnya menggunakan acuan kurikulum yang dipersyaratkan.

Referensi

Al Ghozali. (2006). Manajemen dan Keterampilan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Andang, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internasional Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Haberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit: Universitas Indonesia (UI Press).

Hardawi Nawi. (1999). Organisasi Sekolah dan Penegelolaan Kelas Sebagai Lemebaga Pendidikan. Jakarta: CV Haji Masagung.

Moh. Uzer Usman. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Pupuh Fathurrohman dan A. A Suryana. (2011). Supervisi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sri Banun Muslim. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2023-05-30

Terbitan

Bagian

Articles