STRATEGI PEMASARAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO RABBANI DI KECAMATAN KENDARI BARAT

Authors

  • Sitti Sumriati Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UHO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Hasniah UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.298

Keywords:

Strategi Pemasaran Islami, Penjualan, Toko Rabbani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan pada toko rabbani di kecamatan kendari barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi di maksud untuk mengungkapkan Fenomena pada toko Rabbani di Kecamatan Kendari Barat. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan pada Toko Rabbani di Kecamatan Kendari Barat, sedangkan deskripsi fokus penelitiannya adalah penulis lebih menekankan pada bagaimana Toko Rabbani dalam meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran islami yaitu Rabbaniyah, Akhlaqiah, Al-Waqiyah dan Insaniyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari strategi pemasaran islami Toko Rabbani telah sesuai menerapkan konsep strategi pemasaran islami yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Serta menerapkan karakteristik pemasaran islami yaitu Rabbaniyah, Alkhlaqiah, Al-Waqiyah, dan Insaniyah.

References

Alma, B. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta Bandung.

Alma, B., Priansa, D.J. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.

Choiriyah, A. H. & Fadilla. (2021). Islamic Marketing ; Pertama). CV Budi Utama.

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan1:20.

Evasari, D. A. (2020). Strategi Pemasaran Islami Dengan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. Journal of Islamic Economic Development, 4(1).

Miles, H., & Huberman, A. M. (2018). Saldana.(2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook, 3.

Lubis. A., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2019). Pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian pada konsumen onlineshop dalam perspektif islam (studi kasus arimbi hijab).

NOVITASARI, A. (2021). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication) Pand’s Muslim Department Store Dalam Menghadapi Pesaing Di Yogyakarta.

Rahim, E. dan Mohamad, R. (2021). “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perpektif Syariah,” Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) 2, no. 1 (1 Juli 2021): hlm.21.

Rianto, N. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syaria., Bandung: Alfabeta

Zulkifli,, B. S, &Maysuri, M. (2019). Pengaruh Periklanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Hijab SunsilkCleanAndFresh Pada Mahasiswi Universitas Islam Riau. Jurnal ofManagementandBussines. 1(1)

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles