STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA IKAN ASAP DI DESA MALALANDA KECAMATAN KULISUSU KABUPATEN BUTON UTARA

Authors

  • saumi Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • La Taena UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.269

Keywords:

Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Usaha Ikan Asap

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan dan faktor menurunya jumlah kunjungan konsumen Pada Usaha Ikan Asap di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu kabupaten Buton Utara. Penelitian dilakukan di Usaha Ikan Asap di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara. Informan penelitian ini terdiri dari Pengusaha ikan asap, konsumen dan masyarakat Desa Malalanda dengan menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis data model Mies and Huberman selama berada di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Pengusaha Pada Usaha Ikan Asap di desa Malalanda melalui bauran pemasaran yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Strategi produk dengan menyediakan varian ukuran produk ikan asap, menambah produk pelengkap seperti kasuami, buras dan sambal matah. Strategi harga memberikan diskon jika pembelian banyak. Strategi distribusi melakukan pengiriman dari Desa Malalanda Ke Desa Langkumbe, Kampobaru dan Jampaka. Strategi promosi dilakukan dari mulut ke mulut dan pelayananya sangat baik, biasa di antarkan ke rumah konsumen yang memesan.  faktor penyebab menurunya kunjungan konsumen karena belum malakukan strategi pemasaran secara maksimal.

References

Angipora, Marius P. (2002). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Febrianti, Herlina. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Abon Ikan Tuna Pada Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra Di Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Univesitas Negeri Makassar.

Goh, Sunny T.H. dan Khoo Kheng Hor. (2003). Marketing Wise. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Prehallindo.

Makmur dan Suprijal. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Smart Swalayan pasir pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol.3. No.1.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong, L. J., 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. (1999). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, D. (2003). Intisari Pemasaran Dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: CV. Linda Karya.

Siregar Lulando, H, Y, Sunarti & Mawardi, M, K. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi Pada Perusahaan PT Kaltim Prima Coal). Jab.Vol. 42 No.1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Tjipton. (2008). Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Utama.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles