IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 2 UNAAHA

Authors

  • Putri Sawalia Universitas Halu Oleo
  • Muliha Halim UNIVERSITAS HALU OLEO
  • La Taena UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.196

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi, kendala, dan dampak dalam mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMAN 2 Unaaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran ekonomi, peserta didik kelas XI IPS-1 SMAN 2 Unaaha, dan seluruh komponen yang menjadi bagian dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan teknik pengumpulan data tersebut diperoleh 2 (dua) data, yaitu data primer berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan hasil wawancara, sedangkan data sekunder dapat berupa hasil dokumentasi yang ingin diperoleh untuk mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan sekolah. Dalam penelitian ini dapat diambil hasil yang dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Proses implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Unaaha sudah tergolong baik dan dapat dikatakan bahwa pelaksanaan tersebut sesuai dengan model pembelajaran Problem Based Learning semestinya, (2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Unaaha terdapat beberapa hal, yaitu kendala dalam segi waktu yang membutuhkan waktu lama, beranekaragamnya kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran, kurangnya fasilitas belajar dan tidak semua siswa siap untuk menerima model pembelajaran Problem Based Learning, (3) Dampak yang dirasakan guru dan peserta didik cukup baik yaitu pembelajaran berjalan secara aktif dan kritis serta membantu peserta didik bekerja sama dengan tim.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mounw, Jonata, Imam Mashudi, Nur hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputi, Nuryami, Lu. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Hasrawati. (2016). Perangkat Pembelajaran Tematik SD/MI. AULADUNA: JurnalPendidikan Dasar Islam, 3(1), 37–49. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5095

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Maulidini, R. N., & Aswardi, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 51–56. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.186

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2013). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. 2011, 2013–2015.

Sani, Abdullah, R. (2016). Metode Pembelajaran Saintifik. Trabajo Infantil, 53(9), 178. http://digilib.unimed.ac.id/1630/

Sofyan, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.168

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Downloads

Published

2023-11-30