Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Roti Sultan di Kelurahan Kadia

Authors

  • Sophia Nur Rahmah Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo
  • Muh Ilham

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v7i3.12

Keywords:

Pemasaran Online, Keputusan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian konsumen Roti Sultan di kelurahan Kadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner/angket dan dokumentasi pada konsumen Roti Sultan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu melalui uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, dan uji hipotesis. Hasil analisis data untuk mencari hubungan variabel X dengan Y diperoleh nilai ryx sebesar  0,613. Hal ini menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara pemasaran online (X) dengan keputusan pembelian (Y), ini berarti bahwa semakin tinggi pemasaran online maka akan semakin meningkat keputusan pembelian konsumen. Besarnya pengaruh antara pemasaran online dengan keputusan pembelian ditentukan oleh koefisien determinasi  r2 sebesar 0,369 atau  36,9%. Artinya hubungan antara pemasaran online dengan keputusan pembelian sebesar 36,9% artinya memiliki hubungan yang sangat erat dengan sisa persentase 63,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian Ha yang diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemasaran online dengan keputusan pembelian konsumen Roti Sultan.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Amirullah, & Hardjanto (2005). Pengantar Bisnis (Vol. Edisi I). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Beta, N. (2019). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Dangke (Studi Kasus Rumah Dangke) Di Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar, Manajemen. Makassar: e-PMB: UNISMUH.

Gondodiyanto, I. (2003). Audit Sistem Informasi Pendekatan Konsep. Jakarta: PT. Media Global Edukasi.

Griffin, R. W., & Elbert, R. J. (2009). Business. Pearson International Edition, 150.

Gunelius, S. (2011), 30 minute Social Media Marketing: Step by Step Techniques to Spread the Words about your Business, McGraw-Hill: USA.

Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kartajaya, H., & Darwin, W. (2010). Connect! (Surfing New Wave Marketing). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khoernnikmah, I., & Widarko, A. (2018). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Sinar Muda Busa). e-Jurnal Riset Manajemen , 132-140.

Khoiro, F., Rachma, & Hufron, M. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 140-153. Online.

Kotler, P. (20007). Manajemen Pemasaran (12nd ed., Vol. Jilid I). Jakarta: Indeks.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Edisi Millenium . Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (8nd ed., Vol. Jilid II). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran (13nd ed., Vol. Jilid I). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Principles Of Marketing. Prentice Hall By Pearson Education Inc, 508-510.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12nd ed., Vol. Jilid 1 & 2). Jakarta: PT. Indeks.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran, pendekatan praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mc Knight, H. D., Choudhury, & Kacmar. (2002). Developing and Validating Trust Measures for E-Commerce, an integrative Typology). Michigan State University, Michigan.

Pane, A. A. (2016). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Merek Converse Pada Siswa/I SMA Yayasan Pendidikan Harapan 1 Medan. Universitas Sumatra Utara, Manajemen, Medan.

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Universitas Stikubank Semarang, Semarang.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Watson, M. L. (2005). Can There Be Just One Trust? A Cross-Disciplinary Identification Of Trust Definitions And Measurement. Miami: Institute Of Public Relation.

Downloads

Published

2022-11-20