ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI MA BAHRUL MUBARAK TORONIPA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jopspe.v7i4.10Keywords:
Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran EkonomiAbstract
Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI MA Bahrul Mubarak Toronipa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MA Bahrul Mubarak Toronipa yang berjumlah 48 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel jasmani dengan kesulitan belajar pada siswa kelas IX IPS di MA Bahrul Mubarak Toronipa, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,329; (2) Terdapat hubungan antara variabel psikologi dengan kesulitan belajar siswa IX IPS di MA Bahrul Mubarak Toronipa, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,250; (3) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara variabel lingkungan sekolah dengan kesulitan belajar siswa IX IPS di MA Bahrul Mubarak Toronipa, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry3) 0,851; (4) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara variabel lingkungan keluarga dengan kesulitan belajar siswa IX IPS di MA Bahrul Mubarak Toronipa, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry4) 0,971; (5) Terdapat hubungan antara variabel lingkungan masyarakat dengan kesulitan belajar siswa IX IPS di MA Bahrul Mubarak Toronipa, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry5) 0,311.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.