PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI KELAS XI IPS SMAN 13 BOMBANA

Authors

  • Nidayanti UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Abdullah Igo UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i1.93

Keywords:

Pengembangan, E-module, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahan ajar ekonomi berbasis E-module, efektifitas penggunaan bahan ajar e-module serta respon siswa terhadap pembelajaraan ekonomi berbasis E-module. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analysis data yang digunakan yaitu: data proses pemanfaatan produk, data penilaian kelayakan produk oleh ahli, dan data pendapat siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Pengembangan e-module pembelajaran ekonomi materi perdagangan internasional menggunakan pengembangan dengan pendekatan model watterfall, yaitu Analysis, Desaign, Coding, and Test. (2) Kelayakan pengembangan e-module pembelajaran ekonomi berdasarkan penilaian ahli media keseluruhan aspek mendapatkan total  nilai 39.00, sehingga masuk pada kategori penilaian baik dan jika dipresentasikan mendapatkan nilai 81.25%. Hal ini menunjukan bahwa dari aspek keseluruhan berdasarkan presentase berada pada kategori sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran ekonomi; (3) Kelayakan pengembangan e-module pembelajaran ekonomi materi berdasarkan penilaian guru ekonomi dari keseluruhan aspek mendapatkan total nilai 60.00, sehingga masuk pada kategori penilaian sangat baik dan jika dipresentasikan mendapatkan nilai  93.75%. Hal ini menunjukan bahwa e-module pembelajaran dari aspek keseluruhan  berdasarkan presentase berada pada kategori sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran ekonomi; dan (4) uji coba dilakukan di SMA N 13 Bombana oleh 24 siswa dan menunjukan respon presentase  50%.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Fadly. 2014. Wawasan Pembelajaran Dalam Perspektif Al-quran. Jurnal Studi Islam.Volume 3 Nomor 1.

Gintings, A. (2007). Esesni Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Khotib, Anwar. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP Kelas VIII.Skripsi.Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Indriyanti, Nurma Yunita. (2010). Pengembangan modul. Universitas Sebelas Maret.

Ismaniati. (2001). Pengembangan program pembelajaran berbantuan komputer. Yogyakarta: UNY.

Suherman Rosyidi. (1996). Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Afabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-02-28