ANALISIS PENDAPATAN KELUARGA PETANI SAWAH DI KELURAHAN TINANGGEA KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Authors

  • Andi Esti Universitas halu oleo
  • Muliha Halim UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.88

Keywords:

Pendapatan, Keluarga Petani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan Pendapatan Petani Sawah di Kelurahan Tinanggea Kecamatan Tinanggea  Kabupaten Konawe Selatan. (2) Mengetahui apakah pendapatan petani sawah mampu memenuhi konsumsi rumah tangga petani padi di Desa LawoilaKelurahan Tinaggea penelitian kuantitatif Deskriptif, adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Revenue Cost Ratio (R/C), Benefit Cost Ratio(B/C) Rasio Penerimaan/Pengeluaran serta analisis rasio pendapatan dengan  pengeluaran konsumsi rumah tangga (Y/C). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha tani padi sawah di Kelurahan Tinanggea  Kecamatan Tinanggea layak dan memberikan keuntungan. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar petani sawah tidak dapat memenuhi konsumsi kebutuhan rumah tangga petani tersebut, hanya dari usaha tani padi sawah saja. Untuk memenuhi kebutuhannya, petani padi juga memiliki sumber pendapatan tambahan yang diperoleh dari  kegiatan sektor pertanian (on farm) yakni usaha tani tanam sayur, dan juga dari sektor non pertaniian (off farm) yakni usaha kios sembak, berdagang dan lain-lain.

References

Abdi, Rianse. 2009. Metodologi Penelitian Sosial Dan Ekonomi (Teori Dan Aplikasi), Bandung : CV. ALFABETA

Ajemain. 2012. Analisis Pendapatan Bersih Petani Padi Sawah Di Desa Mopute Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara. Skripsi.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Fathullah Nur Armah. 2014. Analisis Pendapatan Petani Kakao di Desa Tumbudadio Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur. Skripsi.

Hanafi, M. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap motivasi Belajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jom Fisip.

Kadarsan, Halimah W. (2006). Keuangan Pertanian dan Pembiayaan Perusahaan Agrabisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.Moshar, (2014). Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Bandung: Yas

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta: Bandung.

Toweulu, S. (2001). Ekonomi Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo.

Tuwo, Akib Muhammad. (2011). Ilmu Usaha Tani, Teori dan Aplikasi Menuju Sukses. Kendari: Unhalu Press.

Downloads

Published

2023-11-30