ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 RAHA

Authors

  • Saskia Dwiyanti Saskia UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Abdullah Igo UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i1.81

Keywords:

Gaya Belajar, Siswa Berprestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Raha. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa berprestasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Raha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian gaya belajar siswa berprestasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Raha menghasilkan temuan, yaitu siswa berprestasi akademik menunjukkan kombinasi dari gaya belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik (gaya belajar VAK). Setiap siswa berprestasi menunjukkan kecenderungan gaya belajar yang berbeda. Siswa berprestasi berfikir melalui apa yang dilihat, apa yang dibaca, apa yang didengar, dan apa yang dilakukan. Dalam penelitian didapat, siswa berprestasi terkadang memprosesnya pelajaran dengan menulis apa yang ada dijelaskan oleh guru, berdiskusi, tanya jawab dengan teman dan guru, dan melakukan gerakan fisik atau memperaktikkannya, sehingga dapat dimengerti informasi yang diperoleh selama prosesl pembelajaran, baik dari apa yang dilihat, dibaca, didengar, dan dilakukan (praktik). Dengan demikian efektifitas proses belajar mengajar memanfaatkan ketiga gaya belajar tersebut, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik ketika proses pembelajaran, dapat meningkatkan keefektivitas pembelajaran dalam meraih prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Raha.

References

Amin, Alfauzan. 2015. Metode Pembelajaran Agama Islam Cet-1. Bengkulu: IAIN.

Ariesta Kartika Sari, (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik). Ilmiah Edutic. Vol. 1 No. 1, November , hal. 9

Bisono, Tika. 2016. Panduan Praktis Tes Minat dan Bakat Anak. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Dariyo, Agus. 2013. Dasar-Dasar Pendagogik Modern. Jakarta: PT. Indeks.

DePorter, Bobbi, dan Hernacki, Mike. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT. Mizah Pustaka.

Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rahmawati, dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gavamedia.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Uno, Hamzah, B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-02-28