MAKNA PENDIDIKAN ANAK BAGI MASYARAKAT NELAYAN DI DESA RANOOHA RAYA KECAMATAN MORAMO

Authors

  • Tiara Sukma Wijaya University
  • La Taena UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muliha Halim UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.297

Keywords:

Makna Pendidikan Anak, Putus Sekolah, Masyarakat Nelayan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis makna pendidikan anak bagi masyarakat nelayan di Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo. Penelitian ini dilakukan di Desa Ranooha Raya yang berlokasi di Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnometodologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Studi Dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif seperti yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang melalui empat tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa makna pendidikan anak bagi masyarakat nelayan di Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo dapat disimpulkan bahwa makna pendidikan anak bagi masyarakat nelayan Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo ini sudah dimaknai dengan sangat baik. Hampir semua orang tua nelayan berkeinginan untuk menyekolahkan anak-anaknya ketingkat yang lebih tinggi untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan yang baik, tujuannya tentu untuk kesejahteraan dan juga kesuksesan anak-anak nelayan dimasa depan. Sehingga pentingnya dukungan oleh semua lapisan masyarakat baik dari orang tua, masyarakat setempat, maupun para pemerintah daerah. Hal ini sesuai dengan anggapan para orang tua maupun anak nelayan yang sangat menyayangkan dan merasakan kerugian jika anak-anak nelayan tidak melanjutkan sekolahnya.

References

Ali, M. (2017). Mengkomunikasikan Pendidikan dan Melestarikan Kearifan Lokal Orang Bajo. Jurnal Penelitian Keagamaan. 11:1. 87-206.

Agustina, T. M., & Rahayu, P. P. (2022). Makna Pentingnya Pendidikan Anak Bagi Masyarakat Nelayan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 5. 4 (4), 6378-6386.

Andika. (2016). Perubahan Pola Pikir Desa Tanjung Pala Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna. Tanjung Pinang: Skripsi Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Batubara, M. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Binti Maunah, (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Budijanto., Rizky, T., C., Ifan, D., & Singgih, S. (2022). Persepsi Masyarakat Nelayan Terhadap Pendidikan Anak Di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S). 2(8). 735-746.

Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hasbullah, H. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, Dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Isranita, Yusuf S, Lawelle SA. 2017. Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Desa Puasana Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. JSEP. 2(4): 219-231. doi: 10.33772/jsep. v2i4.7774.

Kadriani., & Harudu, L. (2017). Persepsi Masyarakat Nelayan tentang Pentingnya Pendidikan Formal di Gampong Jawi-Jawi Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, Vol. 1. No.1. hlm. 1-16.

Karmilan, E. (2018). Kondisi Soisal Ekonomi Nelayan di Kabupaten Kubu Raya (Studi Pada Nelayan Kecamatang Sungai Kakap). Karya Ilmiah Universitas Tanjungpura.

Kusnadi. (2009). Keberadaan Nelayan Dalam Dinamika Ekonomi Pesisir. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nahria, N., & Laili, I. (2018). Studi Etnometodologi Pelanggaran Komunikasi (Communication Breaching) Di Pasar Tradisional Youtefakota Jayapura. Jurnal Common. Vol. 2(2).

Salahuddin, A. (2011). Filsapat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Siregar, N. S. S. (2022). Kesadaran Masyarakat Nelayan terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik. Vol. 4, No. 1, hlm. 1-10.

Sudaryat, Y. (2009). Makna Dalam Wacana. Bandung: Yrama Widya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Suryani, N. S., Amanah., Kusumastuti., & Yatri, I. (2004). Analisis Pendidikan Formal Anak Pada Keluarga Nelayan di Desa Karangjalari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Buletin Ekonomi Perikanan. Vol. 5. No. 2.

Downloads

Published

2024-02-28