ANALISIS PENDAPATAN NELAYAN DI DESA KAIMBULAWA KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN

Authors

  • Farni Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Rizal UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.224

Keywords:

Pendapatan, Nelayan Ikan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pendapatan nelayan di Desa Kaimbulawa kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan nelayan di Desa Kaimbulawa Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mayarakat nelayan Desa Kaimbulawa yang berjumlah 10 orang yang di tentukan secara Census Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan yang diperoleh oleh nelayan di Desa Kaimbulawa Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan sebesar 14.669.598,- dengan rata-rata 1.466.959,-. Kemudian faktor umur, jenis-jenis alat tangkap, dan cuaca atau iklim sangat mempengaruhi pendapatan nelayan. Sehingga berdasarkan total biaya dan total penerimaan dipeoleh R/C ratio menunjukan bahwa nelayan di Desa Kaimbulawa Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan yaitu layak di usahakan karena nilai R/C ratio yang diperoleh lebih besar dari > 1, dengan rata-rata nilai R/C ratio adalah 4.28.

References

Boediono. (2002). Pengantar Ekonomi. Jakarta: Erlangga. Hal.150

Dahen, L.D. (2016). Analisis Pendapatan Nelayan Pemilik Payang di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Journal Of Economi And Economi Education

Dahuri. (2001). Pengelolaan Sumber Daya Lautan di Pesisir Pantai. Pradnya Pramita, Jakarta.

Hariani, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Muara Angke. [Skripsi]. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Husnan, Susad., Muhammad Suawrsono. (2014). Studi kelayakan proyek bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Indrawadi, (2009), Nasib Nelayan dan Potensi Kelautan

La Panengke, Mario. 2000. Analisis Kemiskinan Pada Masyarakat Nelayan. Lampung: FISIP Unila.

Moleong, Lexy J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, P. S. U.,Sihombing, L., & Hasyim, H. (2014). Analisis Pendapatan Nelayan Tradisional Dibandingkan Dengan Upah Minimum Regional Dikecamatan Meulabo, Kabupaten Aceh Barat. Journal Of Agricultureand Agribusinesssicieeconomics.

Pratama, D.S., Gumilar, I., & Maulina, I. (2012). Analisis Pendapatan Nelayan Tradisional Pancing Ulurdi Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Perikanan Kelautan.

Pratama, R dan Manurung, M. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi Univesitas Indonesia. Jakarta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sabena. 2007. Pengelolaan Sumber Daya Laut. LP3ES, Jakarta.

Wasak, Martha. 2012. Keadilan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan di Desa Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara. Pacific Journal.

Wiyono, E. S. 2012. Pengaruh Lama Melaut dan Jumlah Hauling Terhadap Hasil Tangkapan Ikan pada Perikanan Gillnet Skala Kecil di Pekalongan Jawa Tengah. Jurnal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. 3: 57-64

Downloads

Published

2023-11-30