TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PENGAMBILAN MODAL USAHA PERBANKAN BERBASIS SYARIAH

Authors

  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Mazni UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Rizal UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.223

Keywords:

Tingkat Keperayaan, Pengambilan Modal, Bank syariah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat (sikap kepercayaan, kejujuran, dan tanggungjawab) dalam mengambil modal di bank syariah secara simultan dan mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi tingkat dan kepercayaan masyarakat (sikap kepercayaan, kejujuran, dan tanggung jawab) dalam mengambil modal di bank syariah secara parsial. Penelitian ini dilakukan di Kota Kendari. Waktu penelitian dilakukan selama tiga bulan, dimulai pada bulan juni sampai bulan Agustus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer. Hasil dan penelitian ini menunjukan bahwa variabel sikap kepercayaan, kejujuran dan tanggung jawab berpengaruh terhadap variabel pengambilan modal usaha sebesar 93,6% sedangkan 6,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan, maka disarankan Bagi lembaga Bank Syariah, sosialisasi yang efektif perlu ditekankan pada pengenalan sisi keunggulan Bank Syariah disamping produk dan layanan yang dimiliki oleh Bank Syariah. Hal ini dalam rangka untuk menepis keraguan-keraguan dikalangan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan, masyarakat terhadap Bank Syariah

References

Burhanuddin, S. H. (2000). Etika Individual. Rineka Cipta.

Ellena, F. 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. BRI (Persero) Tbk. Cabang Pemalang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lubis, V. R. (2011). Evaluasi Dan Perancangan Perbaikan Kualitas Sistem Pelayanan Nasabah Pada Unit Customer Service PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Medan dengan Menggunakan Metode Servqual (Service Quality). Tesis. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Maharani, A. D. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 44–49.

Majelis Ulama Indonesia. (2004). Fatwa MUI Bunga, Bunga/Fa’Idah. Himpunan Fatwa MUI.

Mustari, M., & Rahman. (2011). Nilai Karakter: Refleksi untuk pendidikan Karakter. Laksbang Pressindo.

Mursyid, A., dan Gatot. 2014. Faktor Determinan Nasabah dalam Pemilihan Bank Syariah. Jurnal Dinamika Manajemen. 5(1): 48-63.

Nurrohmah, R. F., dan Purbayati, R. 2020. Pengaruh tingkat literasi keuangan syariah dan kepercayaan masyarakat terhadap minat menabung di bank syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah). 3(2): 40-153.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta Cetakan ke-2.

Widiastuty, T. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi volume pembiayaan berbasis bagi hasil pada perbankan syariah di Indonesia. Jurnal Manajemen. 21(1): 90-1

Yulianti, R. 2015. Pengaruh minat masyarakat Aceh terhadap keputusan memilih produk Perbankan Syariah di Kota Banda Aceh. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis. 2(1): 14-28.

Downloads

Published

2023-08-30