KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN IPS DI SMA NEGERI 1 KABAWO

Authors

  • Siti Nurhani Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muliha Halim UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.219

Keywords:

Kompentensi Profesional, Guru Rumpun IPS

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi Profesional Guru Rumpun IPS di SMA Negeri 1 Kabawo. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabawo, dan di laksanakan pada bulan Agustus 2022. Subjek dalam penelitian ini, yaitu seluruh guru ekonomi yang ada di SMA Negeri 1 Kabawo Yang berjumlah 3 orang, dan informan pendukung 1 orang yaitu kepala sekolah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis memberikan gambaran secara detail sesuai dengan fakta yang ada dilokasi penelitian tentang kompetensi profesional guru rumpun ips di SMA Negeri 1 Kabawo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru ekonomi telah mampu menguasai materi dengan baik sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik, Guru ekonomi telah mampu membawakan materi sesuai Kl dan KD yang telah ada dan sesuai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, Guru ekonomi telah mampu mengembangkan materi dengan baik agar bisa dipahami oleh siswa, Guru ekonomi telah mampu mengembangkan keprofessionalan diri dalam kinerjanya, dan guru ekonomi telah mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajarannya walaupun belum dilakukan secara maksimal. Sehingga Guru Rumpun IPS SMA Negeri 1 Kabawo telah melaksanakan Kompetensi Keprofesionalan dengan baik.

References

Arikunto. (2002). Manajemen Penelitian Pendidikan. Universitas Ahmad Dahlan: Manajemen Pendidikan.

Alma, B. (2008). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Barnawi, & Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Baharuddin & Esa Nur (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: ArRuz Media.

Maulinar. (2015). Kompetensi Guru Dalam Memotivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada SMP Neferi 1 Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. (3)1, hlm.142-157.

Mulyasa. E (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningakatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. (3)1, hlm. 45-67.

Reksa Jayengsari. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK se-kota Bandung. Bandung: (Skripsi). Universitas pendidikan Indonesia.

Rina Anjani. (2016) Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers .

Sagala, Syaiful. (2009). Kemampuan professional guru dan tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suyono dan Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosada.

Downloads

Published

2024-02-28