ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KABANGKA

Authors

  • Mawar Rahmadani Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murniati UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Wahyu Muh. Syata UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.211

Keywords:

Kompentensi Profesional Guru, Pelajaran Ekonomi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kabangka Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah 10 orang informan yaitu Guru, Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi professional yang dimiliki oleh guru di SMA Negeri 1 Kabangka tersebut berada dikategori baik. Hal ini berdasarkan tercapainya indikator pada kompetensi professional guru, yaitu guru telah mampu menguasai materi dengan baik sehingga pembelajaran berjalan dengan baik. Guru telah mampu membawakan materi sesuai KI dan KD yang telah ada yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Guru telah mampu mengembangkan materi dengan baik agar bisa dipahami oleh siswa. Guru telah mampu mengembangkan keprofesionalan diri dalam kinerjanya, dan guru telah mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajarannya walaupun belum dilakukan secara maksimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kabangka berada dikategori baik.

References

Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Baguo, D, Y. & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Professional Guru. Jambura Journal Of Educational Management, 122-130.

Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Moh. Uzer Asman. (1992). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran kreatif Dan menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesinalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sarimaya, F. (2008). Sertifikat Guru. Bandung: Yrama Wijaya

Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi. Jakarta: Erlangga.

Suraji, Imam. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. Dalam jurnal forum tarbiyah (Vol. 10. No.2, Desember 2012) (online tanggal 31 Juli 2018).

Taniredja, T. dan E. M. F. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung: Alfabeta.

Usman, Moh Uzer. (2011). Menjadi Guru Rofesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pres

Downloads

Published

2024-02-28