PERSEPSI NASABAH TERHADAP KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA DI KECAMATAN WUA-WUA KOTA KENDARI

Authors

  • Sahdan UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murniati UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Jumatin UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i2.208

Keywords:

Persepsi, Kinerja, Bank Syariah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi nasabah terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah Indonesia Cabang Kendari di Kecamatan Wua-Wua Kota Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di Wua-Wua, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah nasabah dan pegawai bank yang ada di bank syariah indonesia cabang kendari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan BSI Cabang Kendari termasuk dalam kategori baik dan sudah sesuai dengan syariah yang telah ditetapkan yaitu dalam kategori: Tangible, kualitas pelayanan sudah sangat baik dengan adanya pendingin ruangan, ruangan yang luas dan bersih, kursi yang tersusun rapi dan penampilan pegawai yang rapi dilengkapi dengan atribut-atributnya yang membuat nasabah manjadi sangat nyaman saat proses pelayanan. Reliability, kualitas pelayanan sudah sangat baik dibuktikan dengan sumber daya manusia sangat tanggap, ahli dan profesional dalam mengerjakan tugasnya dan menggunakan alat bantu yang ada pada Bank tersebut membuat nasabah menjadi senang dalam proses pengurusannya menjadi cepat terselesaikan. Responsiveness, semua petugas/pegawai sudah sangat baik dalam merespon nasabah, hal ini dibuktikan dengan pelayanan dengan cepat, cermat dan tepat. hal ini membuat nasabah merasa sangat puas dengan pelayanan yang diterima. Assurance, petugas/pegawai dalam proses pemberian pelayanan telah memberikan jaminan tepat waktu, jaminan biaya dan lijetimasi membuat nasabah Bank merasa sangat terbantu. Empathy, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sudah sangat baik hal ini dibuktikan dengan keramahan, memberikan salam dan senyuman oleh petugas Bank.

References

A, Parasuraman. (2001). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. Jurnal of Marketing,Vol 60.

Amanah, Nik. (2013). Bank Syariah dan UMKM dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Suatu kajian literatur. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. 2.1: 48-54

Antonio, Muhammad Syafi’i. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Arif, M Nur Rianto Al. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta

Andrianto, A., & Firmansyah, M.A. (2019). Manajemen Bank Syariah: Implementasi Teori dan Praktek.

Ilyas, Rahmat. (2014). Manajemen Permodalan Bank Syariah. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 323-338.

Marimin, A., & Romdhoni, A.H. (2015). Perkembangan bank syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1 (02).

Rohendi, E. (2011). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 2(1), 46-49.

Sulistyono, Muhamad Aris. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan menjadi Nasabah Bank Syariah Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Kas FE Condong Catur Yogyakarta. Doctoral dissertation. UII.

Sutedjo, Adji Sigit., dan A. P. M. (2013). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 5:2, 120–129.

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Yumanita, & Diana. (2005). Bank Syariah. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles