ANALISIS PERBANDINGAN BANK BRI KC RAHA DAN BANK BSI KCP MUNATERHADAP PEMINJAMAN MODAL USAHA

Authors

  • Wa Ode Rahmi Rahmadani Universitas Halu Oleo
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Rizal UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.193

Keywords:

Bank Konvensional, Bank Syariah , Modal Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan prosedur pengambilan kredit usaha pada BRI KC Raha dan Pembiayaan Mudharabah Pada BSI KCP Muna serta mendeskripsikan perbandingan prosedur pengembalian angsuran kredit usaha pada bank BRI KC Raha dan pengembalian angsuran pembiayaan Mudharabah Bank BSI KCP Muna. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah nasabah BRI KC Raha dan BSI KCP Muna (informan pendukung) dan petugas kredit BRI KC Raha dan BSI KCP Muna (informan kunci). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Diperoleh hasil penelitian bahwa prosedur pemberian kredit pada BRI KC Raha dan pembiayaan pada BSI KCP Muna memiliki persamaan dalam tahapan-tahpannya mulai dari pengajuan permohonan sampai dengan pencairan dana, namun pada bank BSI KCP Muna dalam proses sampai pencairan membutuhkan waktu yang lebih panjang dikarenakan tahapan proses analisa pembiayaan mudharabah pada BSI KCP Muna lebih panjang di bandingkan pemberian kredit pada BRI KC Raha. Sedangkan segi perbedaannya BSI KCP Muna, tujuan mudharabah harus mengarah ke yang halal. Pada prosedur pembayaran angsuran kredit Bank Rakyat Indonesia KC Raha dan angsuran pembiayaan Mudharabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Muna memiliki persamaan dalam menggunakan metode perhitungan yakni berupa metode flat dan annuitas, dari segi perbedaan mekanisme BSI KCP Muna melakukan pembayaran down payment (DP) 30% dari total pokok pembiayaan dan dilanjutkan setiap bulannya sesuai dengan metode perhitungan.

References

Andespa, R. (2016). strategi pelayanan bank konvensional dan syariah: prioritas pelayanan fisik dan empati.

Budisantoso, Totok, & Triandaru, S. (2011). bank dan lembaga keuangan lainnya. JAKARTA: selemba empat.

Juliasty, S. (2009). cerdas mendapatkan dan mengelola modal usaha. jakarta: balai pustaka.

Kardina, T. (2011). analisis perbandingan sistem pemberian kredit pada bank konvensional (PT Bank CIMB Niaga) dan sistem pembiayaan murabahah Bank Syariah (PT CIMB Bank Syariah).

Martono. (2002). bank dan lembaga keuangan lainnya. Yogyakarta: ekonisia FE.

Moleong. (2011). metode penelitian (rosda). bandung.

Setiowati. (2010). pelaksanaan pemberian kredit untuk usaha kecil dan menengah di Bank Sumsel Cabang Baturaja.

Shahdeiny, sutan remi. (2016). universitas sanata dharma. Analisis Perbedaan Sistem Pemberian Kredit (Pembiayaan) Bank Konvensional Dan Bank Syariah, 15(2), 1–23.

Sukirno, & Sadono. (2009). mikro ekonomi teori pengantar. JAKARTA: raja grafindo persada.

Triono, dwi condro. (2020). rekontruksi bank syariah dan BMT. yogyakarta: daaruts tsaqofi.

Trisela, I. P., & Pristiana, U. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 - 2018. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 83–106. https://doi.org/10.30996/jem17.v5i2.4610

Umardani, D., Muchlish, A., & Tahmaniyah, S. (2016). analisis perbandingan kinerja keuangan bank syariah dan bank konvensional di indonesia. Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 130.

Downloads

Published

2023-08-30