PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Heni Rasnawati Universitas Halu Oleo
  • Rizal UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.191

Keywords:

Model Pemebelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dengan kemampuan model pembelajaran kontekstual di kelas X SMAN 1 Wangi-Wangi pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTK merupakan bagian dari penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas. Adapun rancangan (desain) penelitian tindakan kelas (PTK) yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa Siswa kelas X SMAN 1 Wangi-Wangi. yang berjumlah 34 orang siswa terdiri dari 13 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I hasil belajar siswa dengan nilai rata rata 72,65%, sementara persentase ketuntasannya 61,76%. Setelah dilakukan beberapa perubahan pada tindakan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa menjadi 82,21%, dengan presentasi ketuntasannya 88,23%. Hal ini telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Wangi-Wangi Pada Mata Pelajaran Ekonomi meningkat.

References

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Setrategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Dantes, N. (2014). Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagosis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Degeng, INS. (1989). Ilmu Pembelajaran: Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, P2LPTK.

Ifrianti, Syofindah. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MIN 10 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Rosmawaty. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multikultural Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi Kultura Vol. 2, No. 2: 1-20.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesinalisme Guru, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Belajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Saputri, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MIN 8 Bandar Lampung.Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sumiati dan Arsa. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taniredja, T dan Efi Miftah Faridli. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung: Alfabeta.

Wulandari, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yanuarto, W. N. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Matematika di SMP Kelas IX yang Menekankan Religiusitas Peserta Didik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9, No. 2: 186-195.

Downloads

Published

2023-08-30