DAMPAK KEHADIRAN PASAR MODERN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL

Studi Kasus Pasar Mandonga Kota Kendari

Authors

  • Sariyanti Universitas Halu Oleo
  • Muliha Halim UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO
  • La Ode Muhammad Yamin UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.186

Keywords:

Pasar Modern, Pendapatan Pedagang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak positif dan dampak negatif Pasar Modern Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Tradisional. Metode Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif Dalam penelitian ini yang menjadi sumber informan adalah para pedagang yang berdagang di pasar tradisional mandonga pemilihan informan di lakukan secara sengaja berdasarkan criteria yang di tetapkan. Selain itu untuk responden dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 1 pedagang sepatu, 1 pedagang sembako, 1 pedagang perabot rumah tangga, 2 pedagang pakaian, dan 1 pedagang mainan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian Menujukkan bahwa Dampak Kehadiran Pasar Modern Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di pasar  Mandonga Kota Kendari. Diperoleh bahwa  pendapatan pedagang pasar tradisional mengalami penurunan sebesar 36,6% sejak hadirnya pasar modern, penurunan pendapatan disebabkan oleh faktor promosi yang dilakukan pasar modern untuk menarik minat konsumen berbelanja dipasar modern serta disebabkan juga oleh faktor harga apabila pasar modern melakukan diskon harga secara besar-besaran otomatis hal tersebut membuat konsumen lebih tertarik untuk berbelanja dipasar modern, dan Setelah kehadiran pasar  modern ditengah-tengah pasar tradisional  menyebabkan   perubahan   pola   gaya   hidup konsumen  yang lebih memilih pasar modern, padahal produk  yang dijual dipasar tradisional sama saja dengan produk yang dijual dipasar modern.

References

Abdullah, Thamrin, & Tantri, P. (2018). manajemen pemasaran. rajawali pers.

Abdurrahman, Nana Herdiana. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Annisa Aurindita Amelia. (2020). Pasar Tradisional: Pilar Peradaban Yang Arif, Berbudaya Dan Kreatif Bagi Seluruh Generasi. Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), 3(1).

Ekrad. (2018) Dampak Pertambangan Emas Tradisional Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Hutabargot Nauli Kecamatan Hutabargot, Kabupaten Mandailing Natal), Pendidikan Sosiologi Universitas Sumatra Utara

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2017). Teori-teori psikologi. 201.

Ita Riona, Dampak Sosial Ekonomi Berdirinya Pabrik Rokok Sampoerna Di Desa Giripeni Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo,( Pendidikan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta 2013)

Kasmir. (2012) Analisis Laporan Keuangan, Edisi PertamaCetakan Kelima. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mahyu Danil,Journal Ekonomika: “Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen” (Universitas Almuslim Bireuen Aceh).

Noor, Afif. “Perlindungan Terhadap Pasar Tradisional di Tengah Ekpansi Pasar Ritel Modern” Jurnal Ekonomi Islam, Vol IV/Edisi 2/November 2013.

Pramudiana, I. D. (2017). Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern. Asketik, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.30762/ask.v1i1.409

Pitma Pertiwi,AnalisisFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2015

Rachmat, B. (2018). Keberadaan Pasar Tradisional Bersaing di Tengah-Tengah Pasar Modern (Studi Kasus Pasar Ujungberung Kota Bandung Provinsi Jawa Barat). Jurnal Otonomi Keuangan Daerah, 6(1), 1–17.

Sari, M. (2020). Analisis Dampak Pasar Modern Terhadap Para Pedagang Pasar Tradisional Dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Sarwoko, E. (2008). Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional di Wilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 5(4), 97–115.

Sasanto, R., & Yusuf, M. (2014). Identifikasi Karakteristik Pasar Tradisional Di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal PLANESA, 1(1), 1–7.

Sopiah, Manajemen Bisnis Ritel,(Yogyakarta: Andi Offset,2008),

Soemarso S.R Akuntansi Suatu Pengantar. (Edisi Lima.Jakarta: Salemba Empat),

Yuliasih, Eka. “Studi eksplorasi dampak keberadaan pasar modern terhadap usaha ritel waserda dan pedagang pasar tradisional di kecamatan klirong kabupaten kebumen”, pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 2003.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles