PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KONTUNAGA

Authors

  • iman taufik Universitas Halu Oleo
  • Jafar Ahiri UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.178

Keywords:

Media Sosial, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Kontunaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner/angket dan dokumentasi pada siswa kelas XI SMA N 1 Kontunaga. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu melalui uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, dan uji hipotesis. Hasil analisis data untuk mencari hubungan variabel X dengan Y diperoleh nilai ryx sebesar  0,228. Hal ini menunjukan adanya hubungan antara media sosial (X) dengan hasil belajar siswa (Y). Besarnya pengaruh antara pemasaran online dengan keputusan pembelian ditentukan oleh koefisien determinasi  r2 sebesar 0,052 atau  5,2%. Artinya hubungan antara pemasaran online dengan keputusan pembelian sebesar 5,2 % artinya memiliki hubungan dengan sisa persentase dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian Ha yang diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Kontunaga.

References

Aini, K. & Kusmiyanti. (2021). Pengaruh media sosial tehadap prestasi belajar taruna politeknik ilmu permasyarakatan. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 108-119.

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Motivation As Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 80-86.

Dedyerianto. (2019). Pengaruh Internet dan Media Sosial terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Al-Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 208-215.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 34-44.

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala-Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 171-178.

Hasibuan, Minta Ito & Herdi. (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X Di SMK Swasta Eria Medan. Journal Research and Education Studies, 1-13.

Hutahaean, Natalia (2012) Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA SMA Di Kota Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED. 36-48.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA,115-125.

Mauliddiyah, L., & Wulandari, S., S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Surabaya. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022, 2213 – 2227.

Nofatin. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosialterhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1-8.

Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of educational scienceand technology, 171-184.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 128-135.

Purbohastuti, A., W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tritayasa Ekonomi, 212-231.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 21-36.

Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit Volume 6 Nomor 1, 1-16.

Sari, E., P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Di SMP N 02 Tebat Karai Kepahiang. Repository Iaianbengkulu, 1-90.

Setyaningrum, D. G. (2016). Hubungan penggunaan media jejaring sosial dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Repositori universitas Malang,76-97.

Siregar, S., M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI Ipa Di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Iain-padangsidmpuan, 1-69.

Sjukur, S., B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK . Jurnal pendidikan vokasi, 368-376.

Suryaningsih, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana didaktika: jurnal ilmu pendidikan, 335-344.

Ulfaidah & Pahlevi T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. Jurnal Edukasi 2021, 25-31.

Downloads

Published

2023-08-30