PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 14 KENDARI

Authors

  • Popy Nirwanda UHO
  • Murniati UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.174

Keywords:

Supervisi Kepala Sekolah , Kinerja Guru

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  peran  kepala sekolah dalam  meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 14 Kendari.Penelitian ini dilaksanakan di SMP  Negeri 14 Kendari subjek penelitian ini adalah kepala sekolah,wakasekkurikulum beserta beberapa guru yang pernah melakukan supervisi di SMP Negeri 14 Kendari sebagai informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif fenominologi dengan berpedoman pada pedoman wawancara.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran supervise kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 14 Kendari ini memiliki  beberapa tahap yaitu  tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut.Sehingga proses supervise yang di lakukan dapat berjalan dengan lancar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru  dapat di lihat dari tindakan kepala sekolah yaitu dengan memeriksa kesiapan guru seperti RPP,program tahunan,program semester,silabus yang di laksanakan sesuai dengan materi ajar yang di berikan kepada siswa.Selain itu kepala sekolah juga memberikan beberapa solusi untuk meningkatan kinerja guru dengan mengarahkan para guru agar mengikuti kegiatan seminar, workshop,MGMP secara rutin dan sebagainya.

References

Arikunto, S. (1993). Manajemen Pengajaran: Secara Manusiawi.

Bahri, D. S. (n.d.). No Title. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, 1994.

Danim, S. (2016). Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5, 66-73.

Hasanah, A. (2012). Pengembangan Profesi Guru.

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran Dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar, 2(2), 194-201.

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2, 106-114.

Maghfiroh, E. (2014). Supervisi Pendidikan Dalam Kredibilitas Kompetensi Tenaga Pendidik. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 18–45.

Nasution, L., Sagala, S., & Daryanto, E. (2018). Kebijakan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Staf Dan Kurikulum Di SMA Negeri 2 Medan, 11(2).

Pohan, N. A., & Siregar, Y. E. Y. (2018). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tindakan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 132–139.

Prasojo, L. D. (2011). Supervisi Pendidikan.

Hartanto, S., & Purwanto, S. (2019). Supervisi dan Penilaian Kerja Guru. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 4(1), 88–100.

Putri, F. F., Bafadal, I., & Juharyanto, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berprestasi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 84-89.

Rakhmawati, S., Wiyono, B. B., & Sultoni, S. (2021). Keterampilan Manajerial Kepemimpinan Dan Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Serta Hubungannya Dengan Kinerja Guru, 5(11)(Teori, Penelitian, Dan Pengembangan), 1680–1688.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Sahertian, P. A. (2000).. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Sana, N. N., & Effane, A. (2023). Peran Kepemimpinan Pendidikan. KARIMAH TAUHID, 2(1), 111–124.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar.

Subiyakto, B., & Akmal, H. (2020). Profesi Keguruan.

Sudrajat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.

Sulaimah, U., Riyanto, R., & Aminin, S. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Sekecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, 1(1)(Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan), 39–53.

Sutadipura, B. (1984). Kompetensi Guru Dan Kesehatan Mental.

Sutisna, O. (1983). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek.

Downloads

Published

2023-08-30