DAMPAK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PETANI BERALIH BEKERJA PADA PEMBANGUNAN INDUSTRI PT IMIP

Authors

  • Nardia Universitas Halu Oleo
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO
  • La Taena UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.170

Keywords:

Dampak Sosial Ekonomi Petani, Pembangunan Industri

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana keadaan sosial ekonomi masyarakat petani sebelum bekerja pada industri PT IMIP, dan Mengetahui bagaimana dampak sosial ekonomi beralih bekerja di industri PT IMIP. Penelitian ini dilakukan di Desa Bahodopi, Kecamatan Bohodopi, Kabupaten Morowali, yaitu desa yang berada di daerah sekitar pertambangan, Waktu penelitian di laksanakan mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan November 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 orang informann yang bekerja menjadi petani dan memilih bekerja di PT IMIP. Teknik penunjukan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pemilihan dilakukan secara sengaja berdasarkan kriteria yang di tentukan dan ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu redukasi data, penyajian data, dan verifications atau sering dikenal dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa damapak sosial ekonomi masyarakat petani desa bahodopi setelah hadirnya perusahaan industri PT IMIP yaitu tingkat pendapatan meningkat, pengobatan kesehatan meningkat, tingkat pendidikan meningkat, dan kondisi perumahan yang awalanya semi permanen menjadi permanen dalam artian membaik, sehingga dengan hadirnya industri ini, telah banyak meberikan peluang usaha untuk memajukan pertumbuhan pembangunan ekonomi.

References

Agusmidah. (2010). Dinamika Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Edisi Revisi. Medan: USU Press.

Ananda, R. (2006). Peran Home Industri dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kelurahan Kubu Gadang. Jurnal Fisip. Universitas Riau.

Andari, I. (2015). Dampak Pembangunan Industri terhadap Diversifikasi Mata Pencaharian. Interaksi Sosial, dan Pendidikan pada Masyarakat Pedesaan. Jurnal Perspektif Sosiologi. Universitas Sumatera Utara.

Azhari, A. A. (2015). Peranan Sektor Industri Pengolahan Terhadap Perekonomian dan Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Soial Ekonomi. Universitas Sam Ratulangi.

Desianti, K. R. (2012). Dampak Pertambangan Pasir Pada Lingkungan Sosial-Ekonomi Masyarakat Di Desa Panca Negara Kecamatan Pabuarang Kabupaten Serang. Serang: Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Elsi Kartika S & Advendi S. (2007). Hukum Dalam Ekonomi. Edisi Revisi II. Jakarta: Grasindo.

Fauzi, A. (2006). Ekonomi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan. Jakarta: Gramdia Pustaka Utama.

Mulyadi S. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purba, J. (2002). Pengelolaan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Salim HS. (2007). Hukum Pertambangan Di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Selegi, C. (2018). Dampak Aktivitas Pertambangan Nikel Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Rez Publica, 4.

Soemarwoto, O. (2007). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gajah Mada Unuversity Press.

Sulton, A. (2011). Dampak Aktivitas Pertambangan Bahan Galian Golongan C Terhadap Kondisi Kehidupan Masyarakat Desa. Skripsi. Bogor: Program Saljana ITB.

Suparmako, M. (2006). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Edisi Ke Tiga. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suwardi, W. Z. (2022). Dampak Industri Nikel Terhadap Peningkatan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Papanloe Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Jurnal Mirai Management.

Downloads

Published

2023-08-30