ANALISIS PENDAPATAN PETANI JERUK DI DESA KAIMBULAWA KECAMATAN SIOMPU

Authors

  • Annisa Universitas halu Oleo
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i4.168

Keywords:

Pendapatan, Petani Jeruk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui berapa besar biaya yang dikeluarkan petani jeruk di Desa Kaimbulawa Kecamatan Siompu, 2) berapa besar pendapatan petani jeruk di Desa Kaimbulawa Kecamatan Siompu 3) bagaimana tingkat R/C ratio dalam usahatani jeruk. Populasi dalam penelitian ini adalah mayrakat Petani Jeruk Desa Kaimbulawa yang berjumlah 17. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan metode sensus sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata jeruk yang dipanen petani, harga rata-rata perbuah Rp. 7.500 total penerimaan sebesar Rp 59.046.000,00 total biaya yang dikeluarkan Rp 16.521.500,00 yang diperoleh dari penjumlahan biaya tetap dan biaya variabel sehingga memperoleh pendapatan sebesar Rp 42.524.500,00 dalam satu kali panen. R/C rasio pendapatan petani jeruk di Desa Kaimbulawa Kecamatan Siompu 3,57 menunjukkan TR/TC ›1, Maka usaha tersebut menguntungkan karena menunjukkan penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.

References

Eka, H.S., Tety, E., & Eliza. (2017). Analisis Pendapatan Petani Jeruk Siam (Citrus Nobilis Lour) Di Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar

Ditlin. 2008. Pengenalan dan Pengendalian Organisme Pengganggu pada Tanaman Jeruk. Yogyakarta

Floperda, F., & Wanda, A. (2015). Analisis Pendapatan Usahatani Jeruk Siam (Studi Kasus Di Desa Padang Pangrapat Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser).

Nurrohmah, S. (2016). No Title. Analisis Produksi Dan Pendapatan Petani Padi Sawah Di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan.

Putri, A.N.(2019). Pendapatan Petani Usahatani Jeruk Keprok (Citrus Reticulata) Studi Kasus : Di Desa Belancan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli

Pongantung, E. G., Tumbuan, W. J., & Wenas, R. S. (2017). ). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Departement Store Mega Trade Center Manado.

Hernanto F. (1991). ilmu usaha tani. penebar swadaya

Rajagukguk, M. J., Sayekti, W. D., & Situmorang, S. (2013). No Title. Sikap Dan Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Buah Jeruk Lokal Dan Jeruk Impor Di Bandar Lampung.

Soekartawi. (2006). Analisis Usaha Tani. Jakarta UI Press.

Soekartawi, A. S., Dillon, J. L., & Hardaker, J. B. (1986). Ilmu Usahatani Dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil.

Syafruwardi, A. (2012). Analisis Finansial Usahatani Padi Varietas Unggul Di Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Syam, M. (2020). No Title. Analisis Pendapatan Petani Jeruk Bali Di Desa Padanglampe Kecamatan Ma’rang.

Syata, WM (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA Negeri 5 Makassar. Phinisi Integration Review. Vol. 5 No.3

Zuhran, M., Mudjiono, G., & Puspitarini, R. D. (2021). No Title. Pengaruh Pengelolaan Agroekosistem Terhadap Kelimpahan Kutu Loncat Jeruk Diaphorina Citri Kuwayama (Hemiptera: Liviidae)

Downloads

Published

2023-11-30