STRATEGI PEMASARAN BAJU MUSLIM DI KHADIJAH SHOP KENDARI

Authors

  • Febioal Aulia Univesitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i1.163

Keywords:

Strategi Pemasaran, Baju Muslim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan penyebab penurunan pengunjung dan stagnan pemasaran online yang dialami di Toko Khadijah Kendari serta bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan dalam pemasarn baju muslim. Penelitian ini akan dilaksanakan di Toko Khadijah Shop Kendari yang beralamat di Jl. Prof. Dr. Abdurrauf Tarimana, Kendari, depan Islamic Center Mu'adz Bin Jabal Kendari. Informan kunci penelitian yaitu pemilik usaha Toko Khadijah dan informan pendukung yaitu karyawan dan pelanggan Toko Khadijah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan diToko Khadijah yaitu: Strategi produk berkaitan dengan model, brand dan kualitas pakaian. Strategi harga berkaitan dengan pemberian potongan harga, diskon dan gratis ongkir. Strategi tempat berkaitan dengan lokasi dan target pasar. Strategi  promosi berkaitan dengan bagaimana promosi secara offline dan online dan Strategi orang berkaitan dengan perekrutan, pelatihan dan pelayanan.

References

Felisa Windy Mamonto, Willem J.F.A Tumbuan, Mirah H. Rogi. 2021. Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9(2):110–21.

Friska. 2022. Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya. Koinworks.Com. Retrieved (https://koinworks.com/blog/pengertian-strategi-pemasaran-fungsi-contoh-elemen/#4-Place-Tempat).

Gumilang, Nanda Akbar. 2021. Pengertian Strategi Serta Jenis ,. Gramedia Blog. Retrieved (https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-strategi/).

Hamdani, Erwin. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Speedy Indihome Pt Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus Pelanggan Indihome Kecamatan Tampan 2016).

Hasan, Rafie. 2015. “Pemanfaatan Media Sosial Facebook.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Herlambang, Jelita Aeni. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Di Zoya Bandung Indah Plaza (Survey Pada Outlet Zoya Di Bandung Indah Plaza). 156–79.

Mia, Aaliya. 2022. State of the Global Islamic Economy Report: Unlocking Opportunity. State of the Global Islamic Economy Report 2020/21 4–202.

Rahmasari, Anggi. 2020. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Busana Muslim Di Elzatta Bandar Lampung.

Ratmi, Sri. 2019. Strategi Pemasaran Pakaian Muslimah Dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Palu. 1–63.

Sidiq, Umar and Moh. Miftachul Choir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53. Cetakan Pe. edited by A. Mujahidin. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Vita, Gusti Gita. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Pembeli Pada Toko Duta Hijab Bandar Lampung. 38–55.

Yuniar, Dinar dan Sampurno, R. Djoko. 2017. Sistem Pemasaran Perumahan Pada Perum Perumnas Regional V Semarang. 3:49–58.

Downloads

Published

2024-02-28