ANALISIS PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MOROSI

Authors

  • Hadriani Universitas Halu Oleo
  • Hasniah UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Wahyu Muh. Syata UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.158

Keywords:

Bimbingan Aspek Kognitif, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran pada ranah kognitif, afktif, dan psikomotorik mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Ngeri 1 Morosi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. yang merupakan data-data berupa gambaran fenomena yang diperoleh dari hasil penelitian. Teknik pengumpulan datan lelalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dan studi dokumentasi dengan cara menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan mana yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dilapangan mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan aspek kognitif siswa di SMA Negeri 1 Morosi dilaksanakan dengan cara: klasikal dalam mengajar, memberikan motivasi kepada  siswa  sebelum mulai pembelajaran, menyampaikan materi dengan memakai metode ceramah dan tanya jawab, memakai bahan pengajaran dari buku pelajaran dan LKS, memberikan tugas (evaluasi) kepada siswa; untuk aspek afektif cara yang digunakan adalah langsung menegur dan menasehati siswa yang berbuat salah dan memakai metode saksi pengurangan skor, sedangkan untuk aspek psikomotorik memakai metode demonstrasi dan tidak melakukan bimbingan belajar setiap belajar, hanya saja disesuaikan dengan materi, misalnya materi kebutuhan dan kelangkaan dengan melakukan pembuatan tugas karton yang akan di presentasekan di depan kelas.

References

Benny, P. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model Addie. Jakarta: Kencana.

Davies, I. K. (2008). Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Darmadi, I. (2017). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hudoyo, H. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP.

Iskandar, Wassid, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno. (2013). Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, N. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Bar.

Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto. (2014). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Yusuf, Syamsu. dan Nani, S. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-08-30