DAMPAK KEBERADAAN INDOMARET TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KECIL DI DESA ANDUMOWU KABUPATEN KONAWE UTARA

Authors

  • Megawati Universitas Halu Oleo
  • La Taena UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muliha Halim UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.156

Keywords:

Indomaret, Kondisi Sosial Ekonomi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak  keberadaan  indomaret  terhadap  kondisi  sosial  ekonomi  pedagang kecil di Desa Andumowu Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian yang bertujuan memahami suatu masalah kemanusiaan yang didasarkan pada penyusunan suatu gambaran yang kompleks dan menyeluruh menurut pandangan yang rinci dari  para  informan serta dilaksanakan di tengah setting alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran Indomaret di lokasi penelitian tentunya berdampak negatif bagi para pedagang kecil. Dampak yang paling dirasakan oleh pedagang kecil yaitu dampak ekonomi antara lain berkurangnya pendapatan, terjadinya peralihan konsumen serta potensi terhadap usaha tersebut mengalami gulung tikar sangat besar. Selain itu dampak pendidikan berupa pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan anak menjadi terhambat karena berkurangnya penghasilan dan dampak perumahan adalah keterbatasan memiliki barang-barang elektronik karena terhambat akibat pendapatan yang menurun.

References

Assauri. 2008 Manajemen Pemasaran Dasar: Konsep dan Strategi. CV Rajawali, Jakarta.

Budiono. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro. BPPE, Yogyakarta.

Burhana, 2018. Dampak Keberadaan Indomaret Dan Alfamart Terhadap Kelangsungan Usaha Ritel Di Sekitarnya. Skripsi Jurusan Manajemen Universitas Muhammdiyah Malang.

Christian. 2006. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel modern). Salemba Empat, Jakarta.

Effendy. 2001. Marketing Manajemen, Penerbit Institut Ekonomi dan Manajemen, Malang.

Eis. 2013. Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional : Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul, Jurnal PMI Vol. X. No.2, hal. 4.

Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edis i Ke-3, ANDI, Yogjakarta.

Fauziah, 2014. Pengantar Ilmu Sosiologi, UGM Press, Yogyakarta.

Haryanto, 2011. Ilmu Sosial Dasar. Salemba Empat, Jakarta.

Gilang. 2011. Pedagang Kaki Lima : riwayatmu dulu, nasibmu kini. Erlangga, Jakarta.

Hasibuan. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta. Herman. 2011. Selamatkan Pasar Tradisional. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Jhingan. 2003. Ekonomi Pembangunan dan Perekonomian. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lutfi, 2013 Dampak Keberadaan Indomaret Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang Pasar Tradisional Di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Sosek Vol.7 No. 5-11.

Moleong. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Nashiruddin, 2012. Dampak Keberadaan Indomaret Terhadap Pendapatan PedagangKelontong Di Pasar Cuplik Kecamatan Sukoharjo. Skripsi FakultasAgama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahardja. 2008. Teori Ekonomi Makro. LPFEUI, Jakarta.

Riska, 2013. Analisis Motivasi Belanja Konsumen Minimarket dan Warung Kelontong dalam Perspektif Islam Studi Kasus di Kelurahan Bulurokeng Kota Makasar, Skripsi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makasar.

Sinaga, 2008. Ritel Modern Vs Ritel Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta.

Pratama, 2022. Dampak Ekonomi Keberadaan Indomaret Dan Alfamart Terhadap Toko Kelontong Di Wilayah Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram.

Parmono, 2015. Dampak Keberadaan Indomaret Terhadap Omset Penjualan Pedagang Kelontong Di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2023-08-30