ANALISIS PENDAPATAN USAHA NELAYAN BAJO DI KELURAHAN TAMPO KECAMATAN NAPABALANO KABUPATEN MUNA

Authors

  • Muhammad Hamka Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v9i2.153

Keywords:

Pendapatan Usaha, Nelayan Bajo

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis Besarnya pendapatan nelayan yang diperoleh dari hasil tangkapan ikan di Bajo Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna, dan Untuk mengetahui dan menganalisis Besarnya pendapatan nelayan yang diperoleh dari luar tangkapan ikan di Bajo Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna. Penelitian ini dilakukan adalah di Bajo Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna. populasi penelitian ini adalah seluruh nelayan yang ada di Bajo Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna jumlah nelayan yang ada di Bajo yaitu 157 KK nelayan, sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 KK nelayan, 10 KK nelayan pukat tasi dan 10 KK nelayan pukat terapung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Penelitian ini menggunakan bentuk deskriptif yang mana menggambarkan, kemudian menguraikan serta menganalisis semua data penelitian yang diperoleh. Setelah semua data terkumpul yang diperoleh dari hasil penelitian, selanjutnya akan ditabulasi dan dilakukan pendeskripsikan dalam bentuk Tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan nelayan tangkap pukat tasi Bajo dari hasil tangkapan ikan diperoleh nilai dengan rata-rata Rp. 3.291.001, sedangkan pendapatan dari luar tangkapan ikan rata-rata per bulan Rp 134.000, sementara Pendapatan nelayan tangkap pukat terapung di Bajo dari hasil tangkapan ikan diperoleh nilai dengan rata-rata sebesar Rp. 3.407.400, sedangkan pendapatan dari luar tangkapan ikan rata-rata per bulan sebesar Rp 145.000.

References

Abdul, R. (2011). Analisis Pendapatan Nelayan Usaha Tangkap Nelayan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Wilayah Pesisir Pantai Sulawesi Selatan

CH, R. G., Supriana, T., & Hasyim, H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan. Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 4(7).

indara, S. R., Bempah, I., & Boekoesoe, Y. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Tangkap di Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Urnal Ilmiah Agribisnis, 2(1), 91–97.

Mukhtar. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kapal Purse Seine. Universitas Halu Oleo. Kendari.

Nontji, A. (2005). Laut Nusantara. Cetakan Keempat. Jakarta: Djambatan.

Prameswari, P. (2019). Analisis Pendapatan Usaha Nelayan Di Desa Pa’jukukang Kecamatan Pa’jukukang.

Putri, F. A., & Bachtiyar, M. (2021). Analisis Nilai Tukar Nelayan (NTN) Alat Tangkap Sungkur Udang Rebon (Acetes indicus) Di Kecamatan Toboali. Jurnal Airaha, 10(02), 146–155.

Putri prameswari. (2019). Analisis Pendapatan Usaha Nelayan Di Desa Pa’Jukukang Kecamatan Pa’Jukukang Kabupaten Banteng. Universitas Muhammadiyah. Makasar.

Prasetyawan, An Wahyu.(2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Nelayan di Desa Tasik Agung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Fakultas Ekonomi Univesritas Negeri Semarang: Semarang.

Rumonin, R. Y. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha Bagang di Kecamatan Salahutu Kabu.

Sismadi. (2006). Analisis Effisiensi Penggunaan Alat Tangkap Purse Seine di Kota Pekalongan. Universitas diPonegoro Semarang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Winarso, W. (2014). Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas (ROA) PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). Jurnal Ecodemica, 2(2), 258–270.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles