KINERJA GURU EKONOMI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS XI IPS DI MA BAHRUL MUBARAK TORONIPA

Authors

  • Acang Sandi UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Jafar Ahiri UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Hasniah UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i2.151

Keywords:

Kinerja Guru Ekonomi, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kinerja guru ekonomi dalam proses pembelajaran di Kelas Xl IPS di MA Bahrul Mubarak Toronipa. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi dan informan kunci yaitu beberapa siswa yang diajar guru ekonomi, Kepala Sekolah/Kepala Madrasa dan guru lain yang ada di MA Bahrul Mubarak Toronipa. Sedangkan instrumen tambahan yaitu komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan berpartisipasi (participan observation), wawancara mendalam dengan para informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran yang di tunjukan melalui hasil wawancara, observasi dan telaah dokumen bahwa guru melakukan kegiatan remidial dan tidak lanjut dalam pembelajaran. Dengan demikian guru di MA Bahrul Mubarak Toronipa telah menerapkan kinerjanya dalam melakukan evaluasi pembelajaran.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdul Hamid Wahid, C. M. (2017). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal AlFikrah, 180–194.

Barnawi & Mohammad Arifin. (2012). Instrumen Pembinaan, Peningkatan, & Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Nasution, Wahyudin, N. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Pengertian.Tujuan dan Produser. Jurnal ITTIHAD, Vol 1(2).

Nurafnih. (2021). Analisis Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Lambu Kabupaten Bima. Universitas Muhammadiyah Makasar: Skripsi.

Pandipa, A, K, H. (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, Vol 12 (1), 1–9.

Pupuh, F dan sobry, S. (2010). Strategi belajar mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Riadi, A. (2017). Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Koperasi Wilaya XI Kalimantan, Vol 15 (28).

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparlan. (2005). Menjadi Guru Efektif. Yogjakarta: Hikayat.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles