Pengaruh Self Regulated Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pembelajaran Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.36709/jopspe.v7i3.15Keywords:
Self Regulated Learning, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang menurun selama pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuanĀ menganalisis pengaruh self regulated learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 16 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan tujuan korelasional. Sampel penelitian diperoleh dari peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 16 Surabaya yang berjumlah 34 siswa sebagai sumber primer. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, didapatkan hasil yang menyatakan bahwa self regulated learning dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 16 Surabaya Tahun Pelajaran 2021/2022. Meskipun begitu, self regulated learning dan motivasi belajar tetap menjadi penentu hasil belajar, namun bukan menjadi satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar karena terdapat beberapa faktor yang lain.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.