ANALISIS PENDAPATAN USAHA MIKRO DAN KECIL PADA OBJEK WISATA NAPABALE DI DESA LOHIA KECAMATAN LOHIA KABUPATEN MUNA

Authors

  • Jumat Riani Universitas Halu Oleo
  • Abdullah Igo BD UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO
  • La Ode Muhammad Yamin UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.148

Keywords:

Pendapatan, Usaha Mikro dan Kecil, R/C Ratio

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan usaha mikro dan kecil pada objek wisata napabale di desa lohia kecamatan lohia kabupaten muna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kuantitatif menggunakan analisis pendapatan dan R/C Ratio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis pendapatan bersih yang diterima oleh 10 informan pengusaha mikro dan kecil di Desa Lohia Kecamatan Lohia Kabupaten Muna dengan total pendapatan bersih sebesar Rp. 19.957,327,- dengan rata-rata penerimaan dalam satu bulan penjualan sebesar Rp. 1.995,327,-. Analisis pendapatan pengusaha mikro dan kecil di Desa Lohia Kecamatan Lohia Kabupaten Muna pada 10 pengusaha usaha mikro dan kecil sebagai respondens menunjukkan bahwa semeua Revenue Cost Ratio berada pada nilai R/C > 1 yaitu dari tingkat 1,36 sampai 3,46 dengan nilai rata-rata R/C Ratio adalah 2,059. Hal ini berarti pengusaha mikro dan kecil tersebut layak atau berjalan secara efisien.

References

Aksara, K. (2002). Analisis Pendapatan Nasional. Jakarta: Bina Aksara.

Adellah, H., & Boedirochminarni, A. (2022). Analisis Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Di Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan (Doctor dissertation, Universita Muhammadiyah Malang).

Darsana, I. B, & Chintya, W. A. (2013). Analisis pendapatan pedagang di pasar jimran. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 2(6).

Herlinawati, E., & Arumanix, E. (2017). Analis pendapatan umkm sebelum dan sesudah menerima kredit tunas usaha rakyat. Jurnal Indonesia Membangun, 16(2), 1–13.

Mahran Mustafa Yardi. (2022). Pengaruh Modal Sendiri dan Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kota Raha Kabupaten Muna. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Nasriyah. (2019). Analisis Kelayakan Objek Wisata Puncak Mangkeluno Desa Wabintingi Kabupten Muna. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nisantoro, W. D. (2006). Analisis pendapatan pedagang mikro makanan dan minuman di sekitar mall Dinoyo City. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 14(1)(18–33).

Pratama, R dan Manurung, M. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sufryanto, S. (2018). Karakteristik Obyek Wista Danau Napabale DesaLohia Kecamatan Lohia Kab.Muna. Doctor dissertation. Universitas Islam Sultan Agung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Wahyuni, R. S. (2017). Analisis Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Wisata Makam Proklamator Bung Karno Studi Di Kota Blitar, Jawa Timur. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.

Zahra, S. (2022). Definisi, Kriteria Dan Konsep Umkm.

Downloads

Published

2023-08-30