STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA BISNIS ONLINE KLIK INDONESIA

Authors

  • Dwi Rizki Hijriani UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murni Nia UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i1.137

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Strategi Media, Strategi Pesan, Bisnis Online

Abstract

Perkembangan teknologi ini menuntut semua pelaku bisnis untuk terus berinovasi salah satunya ialah strategi dalam bidang komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi pemasaran pada bisnis online Klik Indonesia. Penelitian ini akan dilaksanakan di kantor sekaligus tempat usaha Klik Indonesia yang beralamat di Jl. A.H Nasution, kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara dan media komunikasi pemasaran bisnis online Klik Indonesia. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu usaha Klik Indonesia. Informan kunci penelitian yaitu pemilik usaha sekaligus general manajer Klik Indonesia dan informan pendukung yaitu karyawan khususnya karyawan bagian marketing, sales dan admin komunikasi. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pemelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi pesan dan strategi media yang digunakan sebagai strategi komunikasi pemasaran pada bisnis online Klik Indonesia. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran bisnis online Klik Indonesia berupa strategi pesan  memperoleh hasil yang baik. Strategi media yang dilakukan berupa pemilihan media juga mempeoleh hasil yang baik akan tetapi strategi media berupa celah konsumen yang dilakukan belum efektif.

References

Aufa, B. Al, Program, V. E., Indonesia, U., Sulistiadi, W., Indonesia, U., Djawas, F. A., Program, V. E., & Indonesia, U. (2021). Measuring Instagram Activity and Engagement Rate of Hospital : A Comparison Before and During COVID-19 Pandemic. 562–566. https://doi.org/10.1109/ISRITI51436.2020.9315490

Cao, J., Qi, P., Sheng, Q., Yang, T., Guo, J., & Li, J. (2020). Exploring the Role of Visual Content in Fake News Detection. 141–161. https://doi.org/10.1007/978-3-030-42699-6_8

Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Graha Ilmu.

Giantika, G. G. (2019). Strategy Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Penjualan Fashion Muslim Online (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @zilohijab). Jurnal Komunikasi, 10(2), 169–175. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.6219

Kasmi, K., & Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal AKTUAL, 15(2), 109. https://doi.org/10.47232/aktual.v15i2.27

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu.

Pahlevi, R. (2022). Penjualan Grosir RItel di Indonesia Turun dalam 3 tahun terakhir. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/08/penjualan-grosir-ritel-di-indonesia-turun-dalam-3-tahun-terakhir.

Rahayu, S. K., & Fatima, F. N. (2019). Marketing Communication Strategy with E-Commerce. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(3). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032058

Reza, F. (2016). Jurnal Kajian Komunikasi (JKK). 1(1). (http://jurnal.unpad.ac.id)

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 71–90. www.queenova.com,

Siahaan. (1991). Komunikasi Pemahaman dan Penerapan. BPK Gunung Mulia.

Subekti, K. (2022). Rumus-Rumus Untuk Menghitung Engagement Rate Pada Instagram. https://www.pinhome.id/ruang-edukasi-agen/menghitung-engagement-rate-instagram/

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29. http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754

Wulandari, R. (2013). Strategi Kampaye Poitik koalisi partai pengusung Afi – Mukmin dalam Pemilihan Gubernur tahun 2013 dalam pemilihan Gubernur tahun 2013. eJournal Ilmu Komunikasi, 2013, 1 (4): 220-234 ISSN 0000- 0000, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id. Strategi Kampaye Poitik Koalisi Partai Pengusung Afi ? Mukmin Dalam Pemilihan Gubernur Tahun 2013

Downloads

Published

2023-02-28