PERAN KELOMPOK TANI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PETANI PADI DI DESA TEMBE KECAMATAN RAROWATU UTARA

Authors

  • Syamsul Adiaksa UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Muh. Ilham UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Hasniah UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i2.136

Keywords:

Kelompok Tani, Peran Kelompok Tani, Produktivitas Usaha Tani

Abstract

Kelompok tani memiliki fungsi sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi usahatani, yang berperan penting dalam pembangunan pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kelompok tani terhadap peningkatan produktivitas petani padi di Desa Tembe Kecamatan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana. Metode penelitian adalah metode survei dengan jumlah sampel 30 orang. Pengambilan sampel ditentukan secara sengaja (Purposive Sampling). Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan pengukuran dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani terhadap peningkatan produktivitas petani padi di Desa Tembe Kecamatan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana termasuk kategori berperan. Hal ini dapat dilihat dari produktivitas petani padi yang mengalami peningkatan setelah ikut bergabung dengan kelompok tani dengan rata-rata produktivitas sebesar 3,7 ton/ha, meningkat 37% dari rata-rata produktivitas petani sebelum bergabung dengan kelompok tani. Saran penulis adalah kelompok tani selalu menjalankan peran dan fungsi kelompok tani sebagaimana mestinya sehingga dapat meningkatkan produktivitas padi yang dihasilkan dan perlu adanya bimbingan dan perhatian lebih dari pemerintah dan instansi terkait di Kabupaten Bombana agar dapat meningkatkan produktivitas anggota kelompok guna untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, W. A., Tedjaningsih, T., & Rofatin, B. (2019). Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Padi. Jurnal Agristan, 1(2), 80–88.

Hasan, Usman, Sadapotto, A., & Elihami. (2020). Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Padi Sawah. EduPsyCouns Journal, 3(1), 1–5.

Hasibuan, A. M. (2016). Peran Penyuluh Pertanian terhadap Kelompok Tani dalam Pengembangan Usahatani Padi Sawah.

Irawati, E., & Yantu, M. . (2015). Kinerja Kelompok Tani dalam Menunjang Pendapatan Usahatani Padi Sawah di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Agrotekbis, 3(2), 206–211. Retrieved from hotmaida,2010

Pane, M. R. (2018). Peranan Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produktivitas Petani Jagung (Zea mays) (Studi Kasus: Desa Sarimatondang Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun). Retrieved from http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/402

Relamareta, N. (2011). Hubungan antara kelembagaan kelompok tani dengan pengembangan usahatani anggota. Institut Pertanian Bogor.

Sandi, S. R. (2017). Peranan Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produksi Padi Sawah (Studi Kasus Desa Sidua-dua Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tawakal, I. (2010). Diversifikasi Pangan dan Penyuluhan Pertanian sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Nasional.

Usman dalam Soejono. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pelayanan Masyarakat Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Universitas Negeri Gorontalo.

Wahyuni, S. (2007). Integritas Kelembagaan Petani Gapoktan dan P3A. Iptek Tanaman Pangan, 5(1), 89–101.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles