POLA ASUH ORANG TUA MENGHADAPI KENAKALAN REMAJA DI SMK NEGERI 01 KENDARI

Authors

  • Abdul Kadir Jailani Ilan UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Edy Karno UNIVERSITAS HALU OLEO
  • Murniati UNIVERSITAS HALU OLEO

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i1.109

Keywords:

Pola Asuh, Kenakalan Remaja

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan pola asuh peran dan cara memotivasi orang tua. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 01 Kendari subjek penelitian ini adalah siswa di SMK Negeri 01 Kendari dan guru bimbingan konseling serta 10 orang tua siswa sebagai informan. . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan berpedoman pada pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari pola asuh yang di berikan kepada anak dapat di lihat dari pola asuh dari siswa yang bermasalah dengan pola asuh dari siswa yang berprestasi di sekolah. Orang tua berperan besar dalam menghadapi kenakalan remaja serta cara mereka memberikan motivasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pola asuh yang di terapkan pada siswa bermasalah adalah otoriter dan permisif. Peran orang tua ialah mengawasi dan memberi motivasi dengan memberi dorongan belajar. Saran peneliti Orang tua agar tidak memaksakan kepentingan mereka pada anak serta orang tua tidak boleh terlalu memanjakan anaknya, karena itu dapat menyebabkan dampak negative terhadap anak dan dalam memotivasi anak, orang tua perlu mengetahui potensi dan batasan anak, mereka harus memberikan semangat dan menghargai hasil belajar.

References

Arikunto, & Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi v). Rineka cipta.

Ayun, & Qurrotu. (2017). IAIN Salatiga. Pola Asuh Orang Tuadan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Keperibadian Anak, 5(1).

Devi, & Nofha. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di SMPN 01 Dayeuhkolot, 8, 72.

Fitriyani, & Listia. (2015). jurnal lentera. Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak, 11(1), 93–100.

Gunarsa. (1998). Psikologi Untuk Membimbing. PT BPK Gunung Mulia.

Hasyim, & Umar. (1985). Anak Shaleh (Cara Mendidik Anak Dalam Islam). PT Bina Ilmu.

Hanurawan, & Fattah. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Psikologi. Raja Grafindo Persada.

Hanurawan, & Fattah. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Psikologi. Raja Grafindo Persada.

Hurlock. (1980). Psikologi Perkembangan. Erlangga.

Irawan, & Prasetya. (2006). Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. DIA FISIP UI.

Kohn, & Agustiawati. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung (pp. 10–37). Repository.upi.edu.

Nazir, M. (1999). Metode Peneltian. Ghalia Indonesia.

Adnan, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menentukan Akhlak Anak Dalam Pendidikan Islam, 4(1), 76.

Melly. (2008). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak (p. 3).

Meolong J. Lexy. (2006). Metode penelirian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Monks, & J., F. (1989). Psikologis Kembangan. Gajah Mada Unversity Press.

Monks. (2009). Tahap Perkembangan Masa Remaja. Medical Journal New Jersey.

Musaheri. (2007). Pengantar Pendiidkan. IRCiSoD.

Muallifah. Psycho (p. 59).

Muagman, & Sarwono. (2006). Psikologi Remaja (revisi). PT. Raja Grafindo Persada.

Padjirin. (2016). Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam, 5(1), 7.

Poerwadarminta, & W.J.S. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Radiva. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menghadapi Kenakalan Anak SMP Negeri 31 Purwarejo.

Ramayanti, Aulia, & DKK. (2016). Jurnal Peneletian Pendidikan Sejarah. Perubahan Pola Asuh Anak Pada Keluarga Petani Tambak Di Desa Tappoe Kecamatan Poleang Kabupaten Bombanasebelum Dan Sesudah Reformasi Tahun 1998, 1.

Savitri. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja, 4(1), 23–29.

Sugiyono. (2012). Metode Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sudarsono. (2008). Kenakalan Remaja. Rineka Cipta.

Prasasti, S. (2017). Kenakalanj Remaja Dan Faktor Penyebabnya.

Suryandari. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Volume 4 No. 1

Usman, Akbar, H. ., & P.S. (2005). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Utami, Adristinindya, Citra, Nur. 2021. Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja. Jurnal pekerjaan Sosial. Volume 4 No. 1

Wibowo, & Agus. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar.

Sosiologi, M. (2022). 32 Contoh Kenakalan Remaja Dan Soulusinya. https://dosensosiologi.com/contoh-kenakalan-remaja/

Downloads

Published

2023-02-28