IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP WIRAUSAHA PADA SISWA

Authors

  • Astuti Astuti Universitas Halu Oleo
  • Edy Karno Edy Karno Universitas Halu Oleo
  • Rizal Rizal Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jopspe.v8i3.103

Keywords:

Pendidikan Kewirausahaan, Sikap Wirausaha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sikap wirausaha siswa SMA Negeri 2 Kulisusu setelah mempelajari prakarya dan kewirausahaan. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis data model Mies and Huberman selama berada di lapangan. Sudah dipahami bersama dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlansung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam mata pelajaran prakarya yaitu: a) perencanaan program kegiatan pembelajaran, kantin kejujuran, dan hari kewirausahaan. b) pelaksanaan program kegiatan telah menghasilkan karya dari bidang prakarya pengolahan dan kerajinan. c) evaluasi yang dilaksanakan menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil produk. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa sikap wirausaha siswa SMA Negeri 2 Kulisusu masih sangat minim. Hal ini di buktikan dengan kurangnya ketertarikan siswa untuk mencoba berwirausaha. Dan salah satu alasannya yaitu kurangnya modal, keterbatasan sarana dan prasarana yang di sediakan sekolah dan kurangnya kepercayaan diri dari siswa.

References

Agus Wibowo, Pendidikan Kewirausahaan (Konsep Dan Strategi) (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)

Ari Bowo, P. (2019). Economic Education Analysis Journal Info Artikel. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–23. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Dimyati Dan Mujiono, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Depdikbud Dan Rineka Cipta)

Eko Putro Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)

Hendro, Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis, (Jakarta: Erlangga, 2011)

Hendro, Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis, (Jakarta: Erlangga, 2011)

Isnaeni, P. (2019). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Mata Pelajaran Prakarya Di Smp Muhammadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal. Social Studies, 8(2), 142-155.

Isqaedah, R. Wenmar, Zulfan Saam, and Makhdalena Makhdalena. "Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Pekanbaru Dan Dampaknya Terhadap Kreativitas Peserta Didik." Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif 4.2 (2017): 57-61.

J., J., & Zubaimari, R. A. (2018). Pengaruh Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di Sma Muhammadiyah 02 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.31540/jpp.v12i2.152

Jumaedi, Heri. "Hubungan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha (studi kasus pada pengusaha kecil di Pekalongan)." Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 11.2 (2012): 13-19.

Lestari, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap sikap wirausaha pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 123-130.

Liliyanti, E. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Pembentukan Sikap Wirausaha Pada Siswa Di Sma Muhammadiyah 18 Sunggal TP 2019/2020 (Doctoral dissertation).

Mahmuda,Hafiana.Implementasi pendidika nkewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa di SM KN 2 Malang.Diss.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim,2017.

Mirawati, N. M., Wardana, I. M., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Keperilakuan, Terhadap Niat Siswa SMK Di Kota Denpasar Untuk Menjadi Wirausaha. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(5), 1981–2010. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/16273

Nana Sudiana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Sinar Baru Al Gesindo, 2000)

Pekanbaru, N., Dampaknya, D. A. N., & Didik, K. P. (2020). MANAJEMEN. 57–61.

Saifuddin Azwar, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995)

Supriyanto, A. (2019). Implementasi pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 147-156.

Soemanto, Pendidikan Kewirausahaan (Bandung: Binakasara, 1984),

Tahara, Vina, and Amin Pujiati. "Peran Penugasan Prakarya dan kewirausahaan Terhadap Minat berwirausaha Siswa SMA." Economic Education Analysis Journal 7.3 (2018): 1056-1070.

Tugino. (2021). AoEJ : Academy of Education Journal Volume 12 Nomor 1 , Januari 2021 Implementasi Program Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. 12, 56–81.

Winarno, A. (2015). Pendidikan Kewirausahaan SMK Dengan K-13 : Persepektif Guru Dan Sekolah. c.

Winarno, Pengembangan Sikap Entrepreneurship Dan Intrapreneurship, (Jakarta: PT.Indeks, 2011),

Wulandari, R. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran yang menarik terhadap minat dan motivasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 10-18.

Downloads

Published

2023-08-30